Total Integrated Week : Sustainable Development and Alternative Energies

Written by Ihsan Budi Rachman
There are no translations available.

Bandung, chem.itb.ac.id – Kelompok Keilmuan Kimia Anorganik dan Fisik bekerjasama dengan Total E&P Indonesie kembali menyelenggarakan seri kuliah Integrated Week. Selama seminggu penuh Senin โ€“ Jumโ€™at 18-22 November 2013, sebanyak 50-an mahasiswa mengikuti kuliah yang berjudul โ€œSustainable Development & Alternative Energiesโ€. Seri kuliah ini disampaikan oleh Francois Teillard dari Total Professeurs Associes (TPA) Prancis.

Kuliah tersebut merupakan bagian program Corporate Social Responsibility TPA sejak dibentuk 2001. TPA telah menjembatani industri perminyakan dan dunia akademik dengan mengirimkan para ahli dari Total untuk berbagi mengenai perkembangan terkini dunia perminyakan ke berbagai penjuru dunia.

Dalam kuliah ini Teillard menyampaikan materi dengan interaktif, di tiap akhir pembahasan ditampilkan video yang berhubungan dengan materi yang dibahas. Peserta sangat antusias dengan cara ini, apalagi di tiap harinya peserta diminta menyampaikan pertanyaan atau kesimpulan tertulis, sehingga memicu untuk berfikir.

Selain dikenalkan pengertian teori pembangunan berkelanjutan dan azas 3M dan 3E, disampaikan pula tren kebutuhan energi penduduk dunia skala global dengan ketersediaan saat ini dan perkiraan ke depannya.

Jumlah sumber energi yang terbatas menjadikan minyak, gas dan batu bara perlu dikurangi konsumsinya dan mencari serta beralih memakai sumber energi lain yang dapat diperbaharui yaitu energi nuklir, energi angin, energi matahari, energi arus laut, energi biomassa, energi panas bumi, dan fuel cell hidrogen.

Di akhir sesi kuliah, diberikan ujian untuk melihat penyerapan dan pemahaman para mahasiswa terhadap materi yang telah diberikan sejak hari pertama. Pada sesi penutupan oleh Prof. Ismunandar dan Deden Supriyatman (Total Indonesia) dibagikan pula sertifikat pada para mahasiswa yang berhasil dalam ujian ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *