FMIPA ITB dan Prodi Kimia FMIPA ITB bekerja sama dengan IAKI (Ikatan Alumni Kimia) ITB dan HMK AMISCA ITB menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Mengenal Potensi Diri dalam Menghadapi Dunia Kerja”

FMIPA ITB dan Prodi Kimia FMIPA ITB bekerja sama dengan IAKI (Ikatan Alumni Kimia) ITB dan HMK AMISCA ITB menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Mengenal Potensi Diri dalam Menghadapi Dunia Kerja”

Untuk dapat mengembangkan diri ketika berkecimpung dalam dunia kerja, mahasiswa membutuhkan kemampuan dalam mengungkapkan potensi dirinya. Hal tersebut terutama dibutuhkan sebelum mahasiswa memutuskan karir selanjutnya setelah lulus. Potensi diri tersebut akan dituangkan secara tulisan dalam CV (Curriculum Vitae) serta secara lisan ketika wawancara kerja, sehingga kemampuan tersebut menjadi penting untuk dimiliki. Di sisi lain, adanya aspirasi yang dibawakan oleh alumni diharapkan dapat menambah kepercayaan diri mahasiswa/calon alumni ketika melamar pekerjaan.

Kemahasiswaan FMIPA dan Program Studi Kimia ITB bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Kimia AMISCA ITB dan Ikatan Alumni Kimia ITB menginisiasi pelatihan Career Bulding di Gedung BSC-A pada tanggal 16 Desember 2023. Dalam kegiatan ini dibahas terkait mengenal potensi diri, penulisan CV, tips menghadapi wawancara kerja, tahapan membangun karir dan pengelolaannya, serta kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Kegiatan ini diperuntukkan untuk mahasiswa tingkat akhir sebagai calon wisudawan/wisudawan di lingkungan FMIPA ITB. Kegiatan ini jugaย  disupport oleh perusahaan Nadiso Lab yang dimiliki oleh salah satu alumni Kimia ITB.

Wakil Dekan Akademik FMIPA ITB, Prof. Rukman Hertadi, M.Si., mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan dalam menghadapi dunia kerja agar mahasiswa tidak salah melangkah dalam menentukan karir yang akan dijalaninya setelah menyelesaikan studi di ITB. Selain itu, kebutuhan industri saat ini tidak hanya menuntut IP yang tinggi saja, namun juga perlu adanya hardskill dan softskill yang didapatkan selama kuliah. Prof. Rukman menghimbau kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap 2-3 bulan sekali untuk para mahasiswa FMIPA.

Ketua IAKI, Indra Rinaldhi, S.Si., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sumbangsih alumni yang memiliki keahlian di bidangnya untuk calon-calon alumni atau alumni muda agar dapat mengupdate kebutuhan standar yang dibutuhkan industri, terutama mengelola potensi diri agar dapat menyiapkan dan menentukan karir yang cocok setelah melewati studi di perguruan tinggi.

Kegiatan ini terlaksana dengan dipandu oleh mentor profesional yang juga merupakan alumni Kimia ITB, yang berpengalaman dalam memberikan training untuk divisi HRD di perusahaan-perusahaan, yaitu  Zulchaidir Ubaidillah, M.M., (KIโ€™92) yang merupakan Strategic Human Capital & Organization Development Specialist.

Mahasiswa memperikan respon yang positif terhadap kegiatan ini. Pemahaman serta wawasan  mahasiswa bertambah secara signifikan, mereka juga menyadari pentingnya menggali potensi diri dalam menyiapkan karir setelah lulus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *