Magister Pengajaran Kimia

Ketua Program Studi Magister Pengajaran Kimia

 

Dr. Henry Setiyanto

NIP. 19730124 200812 1 002

Program Studi Magister Pengajaran Kimia FMIPA ITB didirikan pada tahun 2006 sebagai tanggapan dan kepedulian FMIPA ITB terhadap kompetensi pengajar kimia, khususnya guru dan pengajar kimia umum di berbagai universitas di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan kajian perkembangan ilmu, tuntutan kebutuhan masyarakat dan harkat pendidikan di ITB (SK Senat ITB No. 023/SKK01-SA/2002). Program studi ini telah mendapatkan akreditasi Unggul dari BAN-PT pada tahun 2024 (SK Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 554/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/II/2024).

Program Studi Magister Pengajaran Kimia merupakan penyelenggara pendidikan tahap magister untuk guru dan pengajar kimia yang telah memiliki ijazah sarjana, dengan memberikan program-program peningkatan penguasaan konsep-konsep ilmu kimia dan pengayaan metodologi pembelajaran kimia, sehingga guru dan pengajar tersebut dapat memiliki kompetensi pengajar kimia yang profesional seperti yang tertuan pada Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lulusan program ini diharapkan dapat mengikuti perkembangan mutakhir dalam bidang sains Kimia secara aktif.

Lulusan Program Studi Magister Pengajaran Kimia telah mendapat bekal untuk menjadi pengajar kimia ymum sehingga mampu mengembangkan teknik-teknik pengajaran kimia yang kreatif, menarik dan efektif. Selain itu, lulusan program ini mampu mengembangkan metode eksperimen dan penelitian kimia yang terkait dengan materi pengajaran kimia.

Sejak didirikan pada tahun 2006 sampai April 2014, Program Magister Pengajaran Kimia telah meluluskan 149 alumni yang telah mengabdi di berbagai institusi pengajaran. Sejumlah guru lulusan program ini telah meraih berbagai prestasi, diantaranya prestasi sebagai guru teladan dan menjadi pembina siswa yang mengikuti berbagai kompetisi sains di bidang Kimia, yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Menjadi penyelenggara pendidikan magister pengajaran kimia yang unggul dalam keilmuan dan penerapan ilmu kimia secara terpadu berdasarkan pada perkembangan ilmu yang paling mutakhir sehingga dapat menjadi garda terdepan peningkatan kualitas pengajaran kimia dan berkontribusi bagi kesejahteraan bangsa.

Kurikulum Program Studi Magister Pengajaran Kimia dirancang untuk mempertajam pemahaman konsep-konsep kimia esensial, meliputi stoikiometri, struktur atom dan molekul, ikatan kimia, kesetimbangan reaksi, kinetika, termodinamika, kimia inti, kimia unsur, polimer, senyawa-senyawa organik dan biokimia. Program ini berlangsung selama 4 semester dan mencakup minimal 36 SKS, yang terdiri atas 27 SKS kuliah wajib, 7 SKS kuliah pilihan terarah dan 2 SKS kuliah pilihan bebas. Kuliah-kuliah wajib yang diberikan terdiri dari:

  1. Kuliah dari lima bidang Sains Kimia, yaitu Kimia Analitik, Kimia Anorganik, Kimia Fisik, Kimia Organik dan Biokimia, yang terangkum dalam 8 kuliah (18 SKS).
  2. Kuliah Ilmu Pengajaran, yaitu Metodologi Pengajaran (2 SKS) dan Proyek Rancangan Pembelajaran Kimia (2 SKS).
  3. Kuliah Proyek Akhir (4 SKS) serta Seminar dan Sidang Magister (1 SKS)

Daftar kurikulum tahap Magister Pengajaran Kimia ITB  dapat dilihat disini.

Leaflet program Magister Pengajaran Kimia ITB  dapat dilihat disini.

Daftar dosen pengampu Program Magister Pengajaran Program Studi Kimia, FMIPA ITB, dapat dilihat disini.