Kuliah Kimia dan Masyarakat Seri 3: Profil Menjadi Professional di Perusahaan Multinasional Bidang Polimer.

Kuliah Kimia dan Masyarakat Seri 3: Profil Menjadi Professional di Perusahaan Multinasional Bidang Polimer.

Kelas Kimia dan Masyarakat ย seri 3 pada hari Jumat, 22 Maret 2024 mendatangkan pembicara seorang alumni Kimia ITB angkatan 2004, yaitu Adit Pradana Jayusman Setyogroho, M.Si., M.S. Beliau kini bekerja sebagai Regional Application Development dan Technical Service Engineer di LyondellBasell, sebuah perusahaan multinasional di bidang industri kimia yang berasal dari Amerika Serikat. Sebagai latar belakang, beliau menamatkan pendidikan sarjana pada prodi kimia FMIPA di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2008. Kemudian, beliau melanjutkan pendidikan magister di Institut Teknologi Bandung pada prodi kimia dan lulus pada tahun 2010. Selain itu, beliau juga menjalani pendidikan Double Degree di prodi Chemical engineering University of Twente. Setelah menjalani studi, beliau berkarir di beberapa perusahaan yang berfokus pada bidang kimia. Beliau telah bekerja di perusahaan seperti Halliburton, Dow, dan LyondellBasell.

Dalam kuliah ini, Pak Adit mengawali dengan memberikan perkenalan tentang dirinya dan berbagai pengalamannya selama menjalani studi di ITB. Kemudian, beliau juga memaparkan pengalamannya selama menjalani dunia profesional. Selepas kuliah, beliau bekerja di Halliburton. Halliburton merupakan sebuah service company yang berbasis di Amerika Serikat dan berfokus pada bidang minyak dan gas. Pak Adit Setyogroho bergabung ke Halliburton pada tahun 2011 sebagai Stimulation Technical Professional. Di sini, beliau bertugas meningkatkan produksi minyak dan gas pada wellsite.

Setelah di Halliburton hampir 2 tahun, Pak Adit bergabung ke perusahaan Bernama Dow, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang merupakan salah satu perusahaan terkenal bidang industri kimia. Di sini beliau bekerja selama delapan tahun dari tahun 2013 hingga 2021. Pada awalnya, beliau bergabung sebagai associate organisasi TS&D dari bisnis plastik pengemasan. Plastik pengemasan telah mengalami perjalanan inovasi yang panjang. Salah satu komponen pada plastik pengemasan adalah polyethylene. Polyethylene sendiri terbagi menjadi tiga kelas utama, yaitu High Density Polyethylene (HDPE), Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), dan Low Density Polyethylene (LDPE). Proses pembentukan polyethylene ini memanfaatkan serangkaian proses kimia untuk meningkatkan nilai dari suatu bahan. Perubahan yang dilakukan bisa dengan meningkatkan kekerasan, fleksibilitas, ketahanan, reaktivitas, dan lain-lain.

Setelah dari industri Dow, beliau berpindah ke LyondellBasell atau yang biasa disingkat LYB. LYB merupakan perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat dan Belanda LYB merupakan lisensor terbesar dari polyethylene dan teknologi polyethylene. Tahun 2021 sebagai Regional ADTS Specialist pada bisnis polimer hingga sekarang. ย Pekerjaan tersebut lebih banyak menghadapi permasalahan pemasaran dan merupakan bagian dari organisasi Sales & Marketing. Beliau jugaย  memaparkan tentang proses pembuatan polyethylene dan kegunaannya di industri. Selain itu, Beliau juga menjelaskan perbedaan dari Spheripol dan Spherizone yang merupakan bagian dari teknologi pemrosesan.

Dari kuliah Kimia dan Masyarakat kali ini, mahasiswa dapat memberikan banyak wawasan terkait suatu material fungsional dan ekonomis sangat diperlukan berbagai riset dan uji coba terlebih dahulu dalam mengevaluasi kinerja material sebelum dikomersialkan. Hasil dari pembuatan material tersebut juga memilki jangkauan penggunaan yang luas. Namun harus melalui beberapa tahap proses yang panjang sehingga suatu bahan mentah dapat dimanfaatkan menjadi bahan-bahan berguna yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Misalkan saja, bahan petrokimia berupa minyak, gas, dan batubara dapat digunakan sebagai bahan bakar, komponen mesin, komponen elektrik, tekstil, furnitur, komputer, dan kosmetik. (Wildan Malik Fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *