Prodi Kimia ITB bekerja sama dengan IAKI (Ikatan Alumni Kimia) ITB dan HMK ‘AMISCA”ITB membuat kegiatan pelatihan wawasan kompetensi Laboratorium untuk mahasiswa dan wisudawan

Prodi Kimia ITB bekerja sama dengan IAKI (Ikatan Alumni Kimia) ITB dan HMK ‘AMISCA”ITB membuat kegiatan pelatihan wawasan kompetensi Laboratorium untuk mahasiswa dan wisudawan

Prosedur standar beraktivitas di Laboratarium berdasarkan standar kompetensi ISO Laboratorium masih banyak dibutuhkan mahasiswa jurusan Kimia dan sangat ditekankan dalam memahami standar kualitas laboratorium dan pengukuran. Kebutuhan Industri saat ini menuntut pemahaman standar kompetensi bekerja di Laboratorium dan pengukurannya  dalam menunjang kualitas Sumber daya manusia di Laboratorium industri. Program Studi Kimia ITB beserta Ikatan Alumni Kimia (IAKI) ITB dan HMK’AMISCA’ ITB kembali menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi di prodi kimia ITB. Kali ini mengangkat dua tema pelatihan yaitu “training berbasis ISO 17025: 2017 terkait standar uji dan kalibrasi laboratorium serta evaluasi ketidakpastian berbasis Eurachem/CITAC CG4”. Masing-masing pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 21-22 Oktober 2023  untuk pelatihan ISO 17026:2017 dan tanggal 4-5 November 2023 untuk evaluasi ketidakpastian berbasis Eurachem/CITAC CG4. Kegiatan ini juga disupport dari perusahaan alumni kimia ITB yaitu NADISO LAB dan PT Ceria Nugraha Indotama.

Kegiatan ini diikuti mahasiswa tingkat akhir dan lulusan program studi sarjana kimia FMIPA ITB. Koordinator kemahasiswaan program studi kimia FMIPA ITB, Dr. Muhammad Yudhistira Azis, M.Si mengatakan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin menjelang atau setelah masa wisuda ITB (April dan Oktober). Pelatihan ini merupakan ketiga kalinya diselenggarakan dari oktober tahun 2022. Harapannya mahasiswa dan lulusan dapat lebih siap baik dalam wawasan dan keahlian sebelum masuk ke dunia laboratirum industri.  Ketua IAKI, Indra Rinaldhi, S.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sumbangsih alumni yang memiliki keahlian di bidangnya untuk calon-calon alumni atau alumni muda agar dapat mengupdate kebutuhan standar industri terutama wawasan standar kompetensi yang dibutuhkan.

Kegiatan ini dihadiri narasumber yang juga merupakan alumni kimia ITB yang berpengalaman dan ahli bidangnya  yaitu  Anjani Prastika, S.Si (KI’07) yang merupakan Superintendedent Quality  Laboratory PT Ceria Nugraha Indotama untuk training berbasis ISO 17025: 2017 terkait standar uji dan kalibrasi laboratorium . Kemudian Christine Elishian, M.Sc. (KI’05), Metrolog Direktorat SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN untuk training evaluasi ketidakpastian berbasis Eurachem/CITAC CG4. Ibu Anita Alni,Ph.D selaku ketua program studi sarjana kimia FMIPA ITB sangat mengapresiasi dan mensupport kegiatan ini, beliau mengatakan prodi apresiasi atas inisiatif acara ini, yang merupakan sarana upgrade softskill mahasiswa yang relevan dengan dunia kerja maupun pendidikan di jaman globalisasi.

Picture7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *