Pelatihan ISO untuk Mahasiswa Tingkat Akhir dan Alumni Muda Kimia

Pelatihan ISO untuk Mahasiswa Tingkat Akhir    dan Alumni Muda Kimia

Program Studi Kimia ITB bekerja sama dengan ‘HMK’AMISCA’ ITB dan Ikatan Alumni KIMIA ITB menyelenggarakan Pelatihan ISO 17025: 2017 tentang Laboratory Testing and Calibration dan Pelatihan ISO 14044: 2017 tentang Life Cycle Assessment untuk mahasiswa tingkat akhir dan alumni muda (wisudawan yang baru lulus di bulan April 2023)  untuk jenjang sarjana pada tanggal 27-28 Mei 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan sejak oktober 2022 yang diikuti total 40 peserta.

Kegiatan ini  memiliki  kuota terbatas sebanyak 50 peserta. Calon peserta pelatihan dapat memilih salah satu dari dua tema pelatihan. Kedua pelatihan ini diisi oleh trainer-trainer handal yang merupakan praktisi di bidangnya dan berasal dari lembaga trainer professional yaitu Aljabar Training & Consulting  bersama Avogadro Inovasi Indonesia. Trainer tersebut merupakan alumni Kimia ITB yang tergabung dalam Ikatan Alumni Kimia ITB. Salah satu trainer yaitu kang Sujarwo (Alumni Kimia 2004) mengatakan kegiatan ini  akan memberikan banyak kontribusi ke depannya untuk calon alumni dan alumni muda dalam menambah pemahaman serta bekal hardskill di dunia industri terkait ISO. Sebenarnya, jenis pelatihan ISO sangat beragam namun pada pelatihan ini, topik yang diangkat disesuaikan dengan kebutuhan industri  saat ini. Selain itu, ketua IAKI, Indra Rinaldhi (Alumni Kimia 1999), mengatakan ketidaktahuan dan kurangnya bekal pengetahuan kepada alumni muda serta calon alumni muda Kimia ITB terkait dasar ISO laboratorium sangat terasa saat kita mewawancarai atau melihat track record alumni sekarang. Padahal, wawasan ini sangat diperlukan saat mereka akan mendapatkan lisensi dan sertifikasi yang diakui di lingkup yang lebih luas lagi. Oleh karena itu, Prodi Kimia ITB bersama IAKI dan ‘HMK’AMISCA’ ITB akan berkomitmen untuk menjadikan pelatihan ini kegiatan rutin yang diselenggarakan menjelang atau setelah momen wisuda di ITB.

Kegiatan ini menjadi salah satu ajang bagi mahasiswa untuk mengikuti pelatihan profesional dan pengujian oleh lembaga pelatihan yang telah tersertifikasi. Dengan mengikuti kegiatan ini, peserta akan lebih siap untuk mengikuti pelatihan tingkat nasional karena  salah satu syaratnya yakni pernah mengikuti pelatihan sejenis ini. Kegiatan ini diuji secara langsung oleh lembaga training dan dapat sertifikat lulus dari lembaga training tersebut. Jika tidak lulus, peserta mendapatkan sertifikat telah mengikuti pelatihan saja.

Dr. Muhammad Yudhistira Azis, M.Si. selaku Pembina Kemahasiswaan prodi Kimia ITB sangat mengapresiasi kegiatan ini dengan membawa semangat kompetisi dan kompetensi setelah pandemi diharapkan dapat bangkit kembali sehingga mahasiswa prodi Kimia ITB tidak kalah bersaing Qterkait pemahaman dan hardkill ISO. Ke depan, pelatihan sejenis ini akan lebih beragam, kuota yang lebih banyak dan tentunya gratis untuk mahasiswa dan alumni muda yang berpartisipasi.

(Muhammad Yudhistira Azis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *