Pelatihan SNI ISO/IEC 17025: 2017 – Awareness Training

Pelatihan SNI ISO/IEC 17025: 2017 – Awareness Training

Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Validasi di Laboratarium berdasarkan SNI ISO/IEC 17025 masih minim pengetahuannya di kalangan mahasiswa tingkat perguruan tinggi negeri salah satunya di jurusan Kimia yang menuntut standar kompetensi bekerja di Laboratorium. Mahasiswa program studi Kimia tingkat akhir merupakan sumber daya manusia potensial dalam menyiapkan wawasan dan skill pemahaman bekerja di Laboratorium berdasarkan SNI ISO/IEC 17025. Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ ITB bekerja sama dengan Ikatan Alumni Kimia ITB, NADISO LAB dan program studi Kimia ITB menginisiasi kegiatan pelatihan standar kompetensi Laboratorium berbasis SNI ISO/IEC 17025 kepada mahasiswa tingkat akhir dan calon wisudawan program studi kimia ITB. Kebutuhan beberapa industri terkait pemahaman standar ini untuk calon karyawannya yang akan bekerja di Laboratorium sangat diperlukan sebelum beroperasi di divisi penempatannya masing-masing. Oleh karena itu, perlu adanya kesinambungan dan penyuasanaan awal terkait pemahaman standar ISO ini kepada mahasiswa di perguruan tinggi. Hal ini juga menjadi aspirasi dari para alumni kimia agar penerapan standar kompetensi laboratorium telah mulai diinisiasi sejak masa perkuliahan. 

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 8-9 Oktober 2022 di ruang 2104 program studi Kimia ITB. Kegiatan tersebut diberikan dalam bentuk workshop selama dua hari secara luring dengan pembicara dari alumni kimia ITB (Indra Rinaldhi, S.Si. (KI’99), Asep Rohiman, M.Si. (KI’03), Yonan Nurgaman, S.Si. (KI’00) yang berasal dari tim trainer Avogadro.  Selain itu, pada pelatihan ini akan dilakukan assessment dari tim trainer untuk mendapatkan predikat kelulusan dari pelatihan tersebut.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya dalam pemahaman Standar kompetensi di laboratorium berdasarkan SNI ISO/IEC 17025 untuk menunjang persiapan karir di industri. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin untuk mahasiswa tingkat akhir dan calon wisudawan di tiap bulan menjelang wisuda dengan variasi topik pelatihan yang akan diangkat.

Harapan ke depan, Program studi kimia ITB, ikatan alumni kimia ITB beserta himpunan mahasiswa kimia’AMISCA’ ITB dapat saling bersinergi mengadakan kegiatan pengembangan SDM untuk meningkatkan kualitas dan kesiapan dalam bersaing di  dunia industri berbasis laboratorium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *