Peserta Kuliah Cara – cara Analisis Khusus Melakukan Praktikum di Pantai Sawarna

Written by Asep Rohiman
There are no translations available.

i

Gambar foto bersama, sebagian dari instrumentasi analisis, dan beberapa kegiatan mahasiswa (praktikan) yang didampingi oleh asisten dan teknisi dalam melakukan sampling air, udara,dan sedimen di pantai sawarna secara in situ. (a_rohiman).

Bandung, chem.itb.ac.id – Pantai sawarna, mempunyai keindahan alam yang mampu memikat perhatian para pelancong yang haus akan sentuhan dan keindahan pesona alam terbuka. Bukit hijau yang anggun, jalan yang berkelak-kelok naik turun, dan barisan pohon jati menyambut para pengunjung dengan menghembuskan senyuman oksigen yang segar-ceria, dan disambut dengan hamparan pasir serta tarian gelombang air pantai yang menyimpan pesona alam yang elegan dan menawan.

Sawarna terletak di salah satu desa, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten memiliki laut yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, menawarkan panorama pantai yang indah. Inilah yang dijadikan sebagai laboratorium alam terbuka untuk praktikum Mata Kuliah Cara – cara Analisis Khusus secara in situ, dari kelompok keilmuan (KK) Kimia Analitik, yang langung diasuh dan dibimbing oleh Dr. M. Bachri Amran, DEA.

Tujuan praktikum ini adalah untuk menghubungkan antara tataran teori dan aplikasi di lapangan sehingga tidak ada gap atau loss informasi yang besar karena praktikan atau peserta kuliah langsung mempraktikan teori โ€“ teori yang telah diperoleh di perkuliahan baik di laboratorium kampus maupun di lapangan secara in situ (direct measurement). Kegiatan di Sawarna ini, diawali dengan briefing, dan pembagian wilayah analisis dari masing โ€“ masing kelompok peserta praktikum. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sampel udara, air, dan sedimen serta analisis dari beberapa parameter kimia secara insitu oleh masing โ€“ masing kelompok yang didampingi oleh asisten. Kegiatan ini diharapkan dapat melengkapi proses belajar mengajar dalam bidang kimia analitik, khususnya metoda sampling air, sedimen, dan gas di lapangan.

Kegiatan ini secara rutin dilakukan pada setiap semester ganjil karena mata kuliah Analisis Khusus hanya dibuka pada semester ganjil saja. Kemudian untuk tempat analisisnya dilakukan di tempat yang berbeda-beda pada setiap kegiatan. Sedangkan konten kegiatannya sama yaitu melakukan sampling air, sedimen, dan gas serta analisis secara in situ dari beberapa parameter, seperti : pH, konduktivitas, TDS, dan sebagainya.

Setelah melaksanakan semua kegiatan sampling dan analisis sampel selesai, maka semua praktikan, asisten, teknisi, dan dosen berkumpul untuk melakukan diskusi dan evaluasi, serta diakhiri dengan kegiatan foto bersama, makan, dan melakukan kegiatan refreshing yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *