KULIAH LAPANGAN KIMIA LINGKUNGAN 2012

Written by Administrator

There are no translations available.

kulap kimia 2012

Pada tanggal 5 Mei 2011 pukul 01.00, Mahasiswa Kimia angkatan 2009 yang berjumlah sekitar sembilan puluh orang beserta beberapa dosen yang membimbing, yaitu Bapak Hiskia Achmad, Bapak Ali Zulfikar, dan Bapak Hidayat  berangkat bersama menuju kawasan Nusawiru, Ciamis, Jawa Barat untuk melakukan kuliah lapangan untuk mata kuliah kimia lingkungan. Setelah melewati perjalanan sekitar delapan jam, rombongan mahasiswa tiba di lokasi pengambilan sampel, yaitu di sungai yang terletak dikawasan tersebut. Untuk melakukan pengambilan sampel, mahasiswa Kimia dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok diwajibkan membawa alat untuk mengambil  sampel air sungai. Kelompok- kelompok tersebut akan mengambil sampel air sungai pada spot-spot tertentu yang telah ditentukan koordinatnya oleh dosen kuliah Kimia Lingkungan. Untuk mencapai spot-spot tersebut, mahasiswa harus mengarungi sungai dengan menggunakan kapal nelayan yang terdapat disekitar sungai.
Sampel yang diambil merupakan sampel air sungai yang berada pada berbagai kedalaman, yaitu  dasar sungai (sekitar 5 m), pertengahan (sekitar 2,5 m), dan permukaan sungai. Pada saat pengambilan  sampel, terlebih dahulu diukur suhu permukaan air sungai.  Ketiga sampel tersebut selanjutnya diteliti keasamannya dan sifat konduktivitasnya dengan menggunakan instrument yang telah dibawa dari laboratorium kimia. Sampel yang telah diteliti kemudian dimasukkan kedalam freezer untuk dibawa pulang dan diteliti lebih lanjut di laboratorium.
Lokasi pengambilan sampel relatif dekat dengan kawasan wisata green canyon, karenanya, setelah proses penelitian sampel selesai, banyak mahasiswa yang meneruskan perjalanan menuju green canyon dengan menggnakan kapal. Setelah tiba dilokasi, berapa mahasiswa memilih untuk berenang menyusuri tebing-tebing yang terdapat disana. Setelah sekitar 2 jam berada di lokasi wisata tersebut, kami meneruskan perjalanan menuju Pantai Pangandaran, dimana kami akan bermalam disana. Perjalanan menuju lokasi penginapan ditempuh selama 2 jam. Setelah tiba di penginapan, mahasiswa diberikan waktu luang untuk melakukan berbagai hal di kawasan pantai. Keesokan harinya, Minggu 6 Mei 2012 pada pukul 10.00 WIB kami meninggalkan Pantai Pangandaran untuk kembali ke Bandung dan kembali melakukan rutinitas perkuliahan esok harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *