Seminar: “Business Value Through Responsible Care”

Written by Administrator

There are no translations available.

image1951

Bandung, 17 Oktober 2012. Program studi Kimia ITB, program studi Teknik Kimia ITB dan Komite Nasional- Responsible Care® (KN-RCI) bekerjasama  dalam menyelenggarakan seminar dengan topik : “Business Value Through Responsible Care”.Acara ini diselenggarakan di Ruang X-36, Labtek X Prodi Teknik Kimia ITB yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari Prodi Kimia dan Teknik Kimia.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ketua Prodi Kimia, Dr. M. Bachri Amran, DEA. Kemudian acara utama berupa pemaparan mengenai KN-RCI oleh M. Setyabudhi Zuber, KN-RCI secretary General & Executive Director. Beliau menjelaskan bahwa Responsible Care® adalah tindakan sukarela berdasarkan prinsip “keputusan pribadi” dan tanggung jawab pribadi. Dengan Responsible Care®, perusahaan yang melegalisasi pembuatan atau menangani bahan kimia, membuat sebuah komitmen publik dalam prinsip manajemen mereka untuk melindungi Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan. Komitmen ini akan diimplementasikan dalam seluruh fase daur bahan kimia, dimulai dari pengembangan, pembuatan pabrik / proses produksi dan distribusi, konsumen terakhir serta pembuangan sampah/limbah. Setiap perusahaan diharapkan berusaha keras mencari setiap kemungkinan atau jalan untuk mencapai target dan tujuannya. Beliau menekankan bahwa bagi perusahaan/industry kimia yang ingin tetap unggul dalam persaingan global maka harus menerapkan semua hal tersebut.

Materi berikutnya adalah mengenai Labeling dan Material Safety Data Sheets, oleh Ibu Sri Muharni, KN-RCI. Kemudian untuk implementasi di Industri dipaparkan oleh Feri Herlina Anwar (PT. Chandra Asri Petrochemical) dan Achmad Zaid (PT. Petrokimia Gresik). Selanjutnya acara ini ditutup dengan penyerahan cenderamata oleh Dra. Samitha Dewi Djayanti kepada M. Setyabudhi Zuber, KN-RCI secretary General & Executive Director dan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada salah satu peserta yang hadir oleh Bapak M. Setyabudhi Zuber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *