Seminar :“Nano Structured Materials”

Written by Administrator
There are no translations available.

x
Profesor Gopinathan Sankar sedang menjelaskan materi kepada mahasiswa program sarjana tingkat akhir, program magister dan program doktor kimia FMIPA ITB dengan penuh semangat. Salah satu materi yang dipresentasikan adalah mengenai nano partikel emas yang bisa digunakan sebagai katalis dan drug delivery. Ilustrasi : Foto SEM Au Nanoparticles (sumber: Asep Rohiman,dkk. American Institute of Physics 2011). (Kimia ITB/Asep Rohiman)

Bandung, chem.itb.ac.id. 19 Juli 2012. Program Studi Kimia Institut Teknologi Bandung mengadakan seminar mengenai Nano Materials di Ruang 2104 Gd. Kimia Lantai 1 Program Studi Kimia ITB. Seminar ini wajib dihadiri oleh mahasiswa program sarjana tingkat akhir, mahasiswa program magister dan mahasiswa program doktor kimia FMIPA ITB.

Pada sesi pertama, workshop dibuka oleh Dr. rer.nat. Rino R. Mukti pada pukul 14.00 WIB dan dihadiri oleh 33 peserta. Seminar ini diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan teknologi nanomaterial kepada masyarakat kimia ITB. Selanjutnya materi mengenai nanomaterial dan beberapa aplikasinya sebagai katalis disampaikan oleh Prof. Gopinathan Sankar, dari Department of Chemistry, University College London (UCL).

Beliau menjelaskan bahwa Nano Structured Materials telah ditemukan mempunyai beberapa aplikasi mulai dari sebagai katalis untuk aplikasi pada bidang medis hingga untuk mengontrol suatu reaksi organik . Sebagian besar material nano disusun melalui pendekatan bottom-up dengan menggunakan metode trial and error. Dalam presentasi ini, material nanoporous, logam dan material nano oksida logam juga dibahas.

Akhirnya acara yang berlangsung selama 2 jam ini ditutup pada pukul 16.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *