Pembicara

Prof. Dr. Buchari, DESSGuru Besar Kimia Analitik - Institut Teknologi Bandung

buchari@chem.itb.ac.id

Prof. Dr. Buchari, DESSGuru Besar Kimia Analitik - Institut Teknologi Bandung

buchari@chem.itb.ac.id

closepopup
Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si.Guru Besar Pendidikan Kimia - Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

anna_permanasari@upi.edu

Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si.Guru Besar Pendidikan Kimia - Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

anna_permanasari@upi.edu

closepopup
Amran Lesmana, M.Si.Coal Division Operation Head - PT. Carsurin

amranlesmana@gmail.com

Amran Lesmana, M.Si.Coal Division Operation Head - PT. Carsurin

amranlesmana@gmail.com

closepopup

Testimoni Terpilih

Muhammad Bachri Amran
Muhammad Bachri AmranGuru Besar Kimia Analitik ITB - Ketua Kelompok Keilmuan Kimia Analitik ITB

PENGABDIANMU SELAMA INI

Sang mentari mulai menampakkan diri, ayam jantan pun berkokok kian kemari
Daun-daun nan hijau memberi sapaan pagi, menyambut manusia yang tengah menghadapi hari
Bergegas pergi, walau dengan mata yang masih terkantuk, itu tak berarti kau suntuk
Tuk jalani hari demi hari, tuk mengemban amanat suci, dan mengabdi untuk kami.

Entah sudah 10,20 atau 30 tahun kau bersama kami, kami tak hitung dan tak peduli, singkat atau lamakah itu, namun bagi kami, begitu lama pengabdianmu dan teramat besar jasamu

Seiring berjalannya hari, beranjak pula usiamu dan kini telah datang hari tua mu
Maka telah selesai pengabdianmu, telah selesai pengorbananmu, telah selesai pula tugas sucimu
Namun itu tak berarti telah usai semua jasamu dan tak berarti tak ada hasil pengorbananmu

Murid–murid lebih pandai dan bermakna. berkat ajaran dirimu
Apa yang bisa kami lakukan tuk membalas semua pengabdian mu?, sebelum kau berlalu
Maafkan raga kami yang tak bisa membalas semua budi karena sunggu terpuji pengabdianmu
Hingga lidah ini kaku . tak mampu ucapkan kata-kata rayu
Hanya bisa terucap “Terima kasih”.

Terima kasih atas semua pengabdianmu, sungguh semua jasamu kan selalu melekat di angan, tak akan sirna di pikiran dan tak kan pudar dalam sanubari…

karena,
Pengabdianmu bagai mentari
Yang terbit dan terbenam setiap hari
Menerangi bumi tiada henti
Seperti jasa mu yang menerangi jiwa setiap anak negeri.

Agus Jubaidi KI91 - Aries Shinta KI92
Agus Jubaidi KI91 - Aries Shinta KI92Alumni Kimia ITB

Prof Buchari merupakan dosen Kimia Analitik kami. Beliau adalah sosok dosen yang sangat baik, low profile, murah senyum dan sedikit pemalu. Walaupun bergelar Doktor (pada waktu kami kuliah), Pak Buchari tidak pernah nampak sombong dan sangat sabar. Sulit sekali menemukan wajah marah Pak Buchari. Kemarahannya selalu ditunjukkan dengan senyumannya.

Hal berkesan yang selalu kami ingat bila berpapasan dengan beliau di jalan menuju Oktagon, dari jauh beliau yang memilih minggir seolah memberi jalan lewat buat kami mahasiswanya.

Kejadian setelah lulus yang selalu kami ingat pada saat produk (produksi tempat kami bekerja) pasta gigi kami dikomplain oleh YLKI dikarenakan kandungan Fluoride dalam produk tidak sesuai dengan yang tertera didalam label, pada waktu tidak ada tidak ketemu penyelesaian dengan YLKI. Setelah ditelusuri ternyata hasil analisa YLKI dilakukan oleh Lab Kimia Analitik ITB. Akhirnya kami undang Pak Buchari ke pabrik kami untuk melihat proses produksi dan diskusi mengenai cara analisa Fluoride dalam pasta gigi. Alhamdulillah akhirnya diperoleh persamaan persepsi mengenai metode analisa dan Lab Kimia Analitik ITB merevisi hasil analisanya.

Demikian testimoni dari kami dan semoga Allah SWT selalu melimpahkan keberkahan kepada Prof Buchari dan keluarga. Aamiin Allohumma Aaminn

Deana Wahyuningrum
Deana WahyuningrumDosen Kimia ITB - Ketua Program Studi Magister dan Doktor Kimia ITB

Saya, Deana Wahyuningrum, dan suami saya, Hafziardhi, sama-sama pernah merasakan kebijakan, keluasan ilmu dan bimbingan Pak Buchari selama kami melakukan penelitian. Pak Buchari adalah salah satu dari Tim Pembimbing selama saya studi S3 di Kimia ITB, sementara suami saya dibimbing beliau ketika suami saya melakukan Tugas Akhir saat studi S1 di Kimia ITB. Kami berdua sependapat bahwa Pak Buchari adalah sosok yang penuh kebapakan dan telaten selama membimbing kami. Beliau juga dengan keilmuan yang dalam sekaligus wawasan yang luas sering memberikan masukan yang positif dan konstruktif kepada kami, sehingga kami menjadi lebih memahami apa yang kami lakukan selama penelitian, di samping kami pun mendapatkan wawasan yang banyak dari apa yang telah disampaikan oleh beliau. Kesan yang paling mendalam bagi kami dari Pak Buchari adalah bahwa beliau adalah satu-satunya dosen yang paling santun dan ramah yang pernah kami kenal sejak kami sama-sama kuliah S1 di Kimia ITB Angkatan 1993. Kami sangat tersanjung sekaligus malu karena apabila bertemu dan berpapasan dengan beliau di mana pun, beliaulah yang selalu pertama kali ‘menyapa’ kami dengan anggukan dan senyuman yang ramah dan sopan. Teladan seperti beliaulah yang menjadi panutan kami juga dalam berperilaku lebih baik dalam kehidupan kami. Beliau menjadi teladan tidak hanya dengan perkataan, namun juga dengan perbuatan yang nyata. Kami selalu mendoakan semoga Pak Buchari selalu dikaruniai kesehatan dan kebahagiaan serta selalu dalam naungan rahmat Allah SWT. آمـــــــــين يَا رَبَّ الْعَالَمِــــــــــين

Deana Wahyuningrum dan Hafziardhi (Kimia ’93)

Euis Holisotan Hakim
Euis Holisotan HakimGuru Besar Kimia Organik ITB

Adalah Pak Buchari dimata kami:
Guru, kakak, dan sejawat sejati
Yang merenda rangkaian hari lestari
Menghiasi hidup laksana pantun yang santun
Ekspressi tawaddu mewarnai bakti pada Illahi

Adalah Pak Buchari,
Mendidik tanpa menghardik nan berisik
Membina dengan rasa tiada jumawa
Bercanda antara sesama bersahaja
Merekat makna kebersamaan yang nyata

Adalah Pak Buchari,
Disini kini, atau kelak pasca purnabhakti
Tetaplah bersenandung pantun yang santun
Peneduh hiruk pikuk dunia fana
Peredam hingar bingar fatamorgana

Teriring doa sehat sejahtera senantiasa
Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

EHH 12022019

Ismunandar
IsmunandarGuru Besar Kimia Anorganik ITB - Dirjen Belmawa Kemenristekdikti

Ysh Prof BUCHArI
Sama dengan nama saya, nama Prof Buchari, bisa dieja dengan sempurna dengan simbol unsur-unsur dalam tabel periodik. Sangat kental kimianya! Saya sangat beruntung berinteraksi cukup lama dan intens dengan Prof Buchari, beliau adalah wali saya, sempat hampir menjadi pembimbing tugas akhir, dan tentu saja interaksi sebagai dosen -mulai saat calon dosen hingga menjadi rekan kerja. Seperti yang telah banyak diungkap oleh banyak penulis di sini: ketenangan, keteduhan, kebijakan selalu terpancar. Yang juga sangat menonjol adalah kasih dan sayang serta kemesraan beliau pada keluarga. Selamat purnabakti Prof Buchari, semoga selalu sehat dan berbahagia.
Salam hormat
ISmUNaNdAr

Cynthia Linaya Radiman
Cynthia Linaya RadimanGuru Besar Kimia Fisik ITB

Awal pertemuan saya dengan Prof. Buchari adalah saat beliau menjadi asisten untuk praktikum Analisa Kualitatif di Laboratorium Kimia Analitik, Departemen Kimia FMIPA ITB. Sebagai asisten, beliau telah menunjukkan keramahannya pada semua mahasiswa/i dan selalu menjawab dengan sabar berbagai pertanyaan yang diajukan. Sesudah bekerja sebagai dosen dan dipercaya dalam berbagai tugas struktural maupun fungsional, beliau tetap tidak berubah.... murah senyum, tutur katanya halus dan suaranya sangat lembut; inilah ciri khas pak Buchari yang tidak pernah lekang oleh waktu.
Terima kasih banyak Prof. Buchari atas teladan yang sudah diberikan pada kami semua. Selamat memasuki masa purnabakti, semoga Tuhan Yang Maha Pengasih senantiasa memberikan kesehatan dan kebahagiaan bagi Prof. Buchari.

Muhammad Yudhistira Azis
Muhammad Yudhistira AzisDosen Kimia ITB Cirebon

Kata-kata beliau yang selalu saya ingat, "Bila semua sudah dikerjakan, maka tidak ada yang akan sia-sia, kelak pasti ada yang akan menikmatinya". Beliau adalah salah satu dosen pembimbing yang berperan besar dalam perjalanan study serta karir saya. Yang selalu tersenyum hangat menenangkan dan memberikan solusi dikala penelitian saya menemui kendala. Beliau adalah sosok panutan bagi kami, para peneliti dan dosen Kimia. Setiap saya berkesempatan berkunjung ke universitas lain, selalu ada mahasiswa/dosen yang menitipkan salam kepada beliau.

Kini beliau akan sampai ke masa purnabakti. Beliau berpesan, "Pengabdian itu bukan untuk ingin dilihat, tapi lakukanlah dengan sepenuh hati". Terima kasih banyak pak Buchari. .........MYA

Indra Noviandri
Indra NoviandriDosen Kimia ITB - Wakil Dekan Bidang Sumberdaya FMIPA ITB

"Pak Buchari adalah contoh dosen yang mendidik dengan kebeningan hati,.."

Megawati Santoso
Megawati SantosoDosen Kimia ITB

"Pak Buchari ganteng, baik hati, tidak pernah marah, sayang pada istri dan anak-anak, punya sense of humor yang tinggi, tapi tidak ada suaranya......"

Djulia Onggo
Djulia OnggoGuru Besar Kimia Anorganik ITB

Prof. Buchari adalah guru saya ketika di sekolah Analis ITB. Sejak dulu beliau sangat santun, tenang dan sederhana, namun ide-idenya briliant. Prof. Buchari memang luar biasa...., salam hormat, Djulia Onggo

Rusnadi
RusnadiDosen Kimia ITB - Kimia ITB angkatan 2000

"Figur seorang pendidik ulung, ialah Prof. Buchari. Beliau disegani karena kesantunannya, dirindukan karena pengetahuannya, dihormati karena kerendahan hatinya, dicintai karena kasih sayang dan ketulusannya,.."

Samitha Dewi Djajanti
Samitha Dewi DjajantiDosen Kimia ITB - Direktur Direktorat Hubungan Masyarakat dan Alumni ITB

"bagi yg baru kenal beliau dan mendengar suaranya yg sangat halus tentu menyangka beliau seorang pendiam, tetapi bagi saya beliau adalah seseorang yang dapat berbicara dengan antusias dan mata berbinar ketika topiknya menarik, serta dapat juga melucu,.. Saya tetap boleh datang bertanya tanya ya Pak,.."

Henry Setiyanto
Henry SetiyantoDosen Kimia ITB - Ketua Laboratorium Kimia Analitik ITB

"Beliau adalah sosok berhati malaikat. Terlihat pendiam tapi antusias dalam memaparkan ide. Toleransi dan kesabaran serta dedikasinya sebagai guru luar biasa. Beliau adalah figur yang sangat mengayomi dan tidak tergantikan,.."

Untung Triadhi
Untung TriadhiDosen Kimia ITB - Kimia ITB angkatan 2006

"Beliau adalah sosok guru yang "tidak pernah marah". Jika kesabaran beliau sudah habis, maka beliau akan diam dan tidak akan marah. Selalu tersenyum dan tidak pernah segan menyapa terlebih dahulu jika berpapasan di jalan walau dengan yang jauh lebih junior dari beliau."

Muhammad Iqbal
Muhammad IqbalDosen Kimia ITB - Kimia ITB angkatan 2002

"dengan kesederhanaan dan kerendahan hati, beliau adalah figur yang senantiasa menginspirasi kami semua, bersama berjuang,.. untuk Tuhan, bangsa, dan almamater,.."

Megawati Zunita
Megawati ZunitaDosen Teknik Kimia ITB - Kimia ITB angkatan 2005

"Pak Buchari, saya belum bisa balas kebaikan dari Bapak. Bapak merupakan pembimbing, dosen, & orang tua yang terbaik di kampus bagi saya. Tidak ada orang saya lihat memiliki kewibawaan yang paling paripurna seperti sosok Pak Buchari, beliau diselimuti keilmuan yang luar biasa, kesabaran tiada tara, kebijakan & kelembutan yang tidak tertandingi. Saya bersyukur dididik oleh Bapak. Terima kasih Pak. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan, kebahagian, & kesuksesan dunia serta akhirat kelak,.."

Guiliano Fernando
Guiliano FernandoKimia ITB angkatan 2006

"Memori perjuangan memperoleh gelar sarjana pasti akan tertuju pada Pak Buchari. Keramahan dan support beliau membuat kami tidak surut melakukan program bimbingan tugas akhir sampai harus rela ngantri. "Melayani dengan senyuman, mencetak ratusan pemimpin masa depan" saya rasa itu kalimat yang tepat untuk beliau,.."

Puji Kartini
Puji KartiniKimia ITB angkatan 2006

"Terima kasih banyak Pak Buchari atas bimbingan Bapak, kemudahan yang telah Bapak beri semoga dapat memberikan Bapak kebahagiaan dan kemudahan dalam segala hal,.."

Andhy Pusvita Sari
Andhy Pusvita SariKimia ITB angkatan 2009

"Assalamu'alaikum Pak Buchari, terima kasih atas ilmu dan kesabaran yg bapak berikan kpd kami, kimia angkatan 2009. Terutama saya. Bnyk bantuan yg Bapak berikan kpd saya selama melakukan tugas akhir. Dan akhirnya, saya mendapatkan nilai sidang yang memuaskan. Terima kasih Pak atas semua jasa dan kebaikan Bapak yg tdk bisa saya sebutkan satu per satu. Terima kasih dosen pembimbing terbaikku,.."

Djabal Nur Basir
Djabal Nur BasirDosen Kimia Unhas Makassar

Prof. Buchari merupakan figur pendidik yg dpt menjadi teladan bagi kita semua. Ilmu ikhlas Beliau luar biasa tingginya, begitupun dedikasinya sebagai dosen pengajar & pembimbing mahasiswa TA. Kesantunan, keramahan & keilmuan Beliau mengingatkan kami pd Filosofi PADI : “Semakin berisi semakin merunduk” atau dgn kata lain ketinggian ilmu Beliau justru membuat Beliau selalu rendah hati, menghormati & lebih menghargai orang lain, walaupun orang lain tsb merupakan mahasiswa Beliau. Hal inilah yg membuat kami akan selalu “Kagum & Hormat” pd Beliau. Terima kasih byk Prof. Buchari atas “Ilmu Kimia & Ilmu Ikhlasnya” yg telah diajarkan pd kami, semoga menjadi “Kemuliaan & Pahala” buat Bapak. Amin.

Anggia Devi Chandra Artikarini
Anggia Devi Chandra ArtikariniAlumni Program Studi Magister Kimia ITB

"Prof.Buchari adalah sosok dosen yang sangat luar biasa, panutan, menginspirasi, bahkan selalu memposisikan diri seperti bapak sendiri yang mengayomi anaknya. Dalam diskusi formal maupun nonformal, beliau selalu berkenan berbagi ilmu, semua pertanyaan yang menjadi kebingungan saya langsung hilang dikala berdiskusi dengan beliau, beliau menjelaskan dengan detail dan rinci sehingga membuka wawasan saya, memunculkan kata-kata kunci dan ide-ide,.."

Asep Rohiman
Asep RohimanKepala Unit Layanan Pengadaan-Pusat Survei Geologi. Kementerian ESDM

"Beliau adalah inspirator dan mahaguru bagi saya. Yang selalu dengan sabar menuntun, membimbing dan mendengarkan setiap celotehan. Beliau mengantarkan saya dari kondisi gelap gulita menuju secercah cahaya.
Terimakasih banyak Pak Prof. Buchari atas bimbingan, tauladan dan inspirasi nya.
Semoga menjadi amal jariyah dan Allah SWT membalasnya dengan yang lebih baik. Amiinn Yaa Rabbal'alamiin..."

Nurrahmi Handayani
Nurrahmi HandayaniKimia ITB angkatan 2003

"Pak Buchari, merupakan sosok panutan yang dari pribadinya memancarkan kebaikan, ketenangan, kesabaran, dan kekuatan. Beliau memberikan ilmu yang bermanfaat, semangat, motivasi, dan dukungan bagi anak muridnya dan juga rekan kerjanya sepenuh jiwanya. Pak Buch, saya bersyukur menjadi mahasiswa bimbingan Bapak, jasamu tak akan pernah kami lupakan. Semoga Allah SWT selalu memberkahi setiap langkahmu, memberikan kesehatan, serta memberikan kebahagian bagimu di dunia dan akhirat,.."

Raden Banyu Firdaus Soeriawidjaja
Raden Banyu Firdaus SoeriawidjajaAnggota Lab Kimia Analitik ITB - Kimia ITB Angkatan 2012

Prof. Buchari adalah seorang figur, suri teladan, bagi kami para mahasiswa. Beliau adalah pribadi yang bisa membuat segan dan kagum, dengan cara yang amat sangat luar biasa, yaitu dengan menunjukkan kerendahan hati dan kesopanan yang bisa meluluhlantakkan kesombongan siapapun.

Ganjar Fadillah
Ganjar FadillahDosen Jurusan Kimia, Universitas Islam Indonesia

Prof. Buchari adalah sosok yang dikagumi karena attitude, keteladanan dan pengetahuannya. Terima kasih Prof. Buchari, semoga jasa-jasanya dibidang pendidikan kimia akan menjadi bermanfaat untuk saya pribadi dan umat. aamiin

Muhamad Allan Serunting
Muhamad Allan SeruntingDosen Institut Teknologi Sumatera/ S2 Kimia ITB 2015

Prof. Buchari mengajarkan kita bahwa menjadi pendidik tak hanya tentang transfer materi kimia, tapi mengajarkan tentang pentingnya nilai menjadi orang baik. Terima kasih Prof atas dedikasi untuk Indonesia. Kami siap melanjutkan perjuangan.

Mhd. Muslim Syaifullah
Mhd. Muslim SyaifullahMagister Kimia Analitik 2016

Prof. Buchari adalah sosok dosen yang luar biasa. Ilmunya yang luas namun tetap rendah hati, menghargai orang lain dan sangat santun. Beliau tidak pernah marah saat mengajar dikelas kami. Saat saya tertidur dikelas, beliau tidak marah, walaupun saya merasa bersalah karena telah melakukan hal itu. Semoga Bapak senantiasa dimudahkan dan dilancarkan Allah setiap urusannya. Dan semoga Bapak sehat selalu. Semoga ada kesempatan bertemu lagi dengan beliau.

Dian Ayu Setyorini
Dian Ayu SetyoriniAlumni Magister Kimia Analitik

Pak Buchari, seorang Guru Besar di Bidang Kimia Analitik yang luar biasa namun tetap rendah hati, layaknya langit tidak perlu mengatakan bahwa dirinya tinggi

Beliau tidak hanya mengajarkan ilmu kimia namun juga adab walapun tak secara teori beliau sampaikan. Beliau menerapkan adab yang saat ini mungkin sudah mulai menipis tergerus zaman. Adab-adab yang pernah diajarkan di mata pelajaran PPKn, beliau contohkan nyata. Tanpa pamrih dan pelit, beliau sampaikan segala ilmu yang beliau miliki. Dan waktu terasa tak mampu menampung segala ilmu yang ingin beliau sampaikan. Pintu ruang kerja beliau pun terbuka bagi siapa saja, baik bagi yang ingin belajar maupun hanya sekedar curhat kehidupan. Begitu banyak yang beliau berikan namun rasanya sedikit yang mampu kami berikan balasan. Semoga Allah berkahi beliau dan keluarga beliau. Aamiin.

Ellsie Viendra Permana
Ellsie Viendra PermanaKimia ITB angkatan 2006

"Seorang Maha Guru, yang tak pernah menunjukkan ke-maha-an nya,.. Betapa santun, berikan tauladan,.. Beliau selami satu persatu ide setiap murid, kemudian mengembangkannya menjadi karya ilmu yang nyata,..
Walaupun sering lupa dimana Beliau menyimpan kacamata, catatan kecilnya, ballpiont tinta, hingga reagennya,.. Tapi kekuatan memori beliau sanggup menggali ingatan puluhan tahun kebelakang, akan karya-karya para muridnya, dan menceritakan kembali dengan saaangat detail,.. Seorang yang dapat dengan manisnnya menghargai setiap karya, termasuk torehan tangan kecil cucunya yang dipajang di ruang kerja,.."

Intan windyasari
Intan windyasariKimia ITB angkatan 1998

He never judges us but prefers to guides us. With his tenderness, full sincerity, he always tries to bring out the best in us. Jazakallah khairan katsiiraa

Hanefiatni
HanefiatniAlumni Magister Kimia Analitik

Ilmu padi yang sedari kecil saya ketahui, saya temukan dalam sosok Bapak Buchari. Sosok lembut, sopan, berilmu tinggi, dan peduli. Beliau adalah seorang pengajar sekaligus pendidik.

Narahubung

Acara ini didukung oleh: