Posted March 2, 2012 by organic in Berita

Workshop on Raman Spectroscopy and Its Applications in Nano/molecular Sciences

Written by Administrator
There are no translations available.

zf

Workshop on Raman Spectroscopy and Its Applications in Nano/molecular Sciences

Peserta sedang melakukan regristrasi workshop. Selanjutnya Applications Scientist at US Headquarters, dari Bruker Optics, Dr. Ting Wang (foto kiri atas) sedang memberikan pembekalan teoritis mengenai Spektroskopi Raman kepada seluruh peserta workshop. Para Peserta langsung praktek menggunakan Raman-Sentera pada sesi berikutnya.(Kimia ITB/Asep Rohiman)

Bandung, chem.itb.ac.id.Selasa, 28 Februari 2012. Program studi kimia bekerjasama dengan PT. Arfindo Bersinar mengadakan workshop mengenai Raman Spectroscopy di Ruang Sidang lantai 2 Program Studi Kimia ITB. Workshop ini diawali dengan regristrasi pada pukul 8.30 dan dihadiri 32 peserta yang terdiri dari dosen, peneliti, dan mahasiswa dari program studi Kimia, Fisika,Teknik Material, dan Pusat Mikroelektronika ITB.

Workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan instrumen Raman Spectroscopy kepada masyarakat ITB. Workshop ini diselenggarakan dalam empat sesi. Sesi pertama acara pembukaan dan membahas aspek teori atau konsep mengenai Raman Spectroscopy. Sesi kedua membahas beberapa penerapan/aplikasi dari spetroskopi raman dalam beberapa bidang material yang terkait. Sesi ketiga dan keempat diskusi dan mempraktikkan langsung menggunakan Spektroskopi Raman (Sentera Raman) di Laboratorium Kimia Fisik Material (LKFM).

Pada sesi pertama, workshop dibuka oleh Dr. Veinardi Suendo. Selanjutnya Lesson I yaitu materi pengenalan mengenai spektroskopi raman yang disampaikan oleh Dr.Ting Wang, Spesialis Raman, Applications Scientist at US Headquarters, dari Bruker Optics, Inc. Pada sesi kedua, Lesson II, yaitu membahas mengenai beberapa aplikasi dari spektroskopi raman untuk menganalisis material fisika atau kimia. Setiap sesi diakhiri dengan tanya jawab/diskusi.

Pada sesi ketiga dan keempat, peserta dibagi menjadi dua kelompok besar. Kelompok yang satu mengikuti praktikum menggunakan spektroskopi raman. Sedangkan kelompok yang kedua melakukan diskusi lebih dalam mengenai spektroskopi raman. Kegiatan tersebut dilakukan secara bergantian oleh masing-masing kelompok. Akhirnya acara ini yang berlangsung selama 7 jam ini ditutup pada jam 17.00 WIB.(a_rohiman)