Program Magister Pengajaran

Program studi Magister Pengajaran Kimia FMIPA ITB didirikan pada tahun 2006 sebagai tanggapan dan kepedulian FMIPA ITB terhadap kompetensi Pengajar Kimia, khususnya guru dan pengajar Kimia Umum di berbagai universitas di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan kajian perkembangan ilmu, tuntutan kebutuhan masyarakat dan harkat pendidikan di ITB (SK Senat ITB No. 023/SKK01-SA/2002).

Program Studi Magister Pengajarn Kimia merupakan penyelenggara pendidikan tahap Magister untuk guru dan pengajar kimia yang telah memiliki ijazah sarjana, dengan memberikan program-program peningkatan penguasaan konsep-konsep ilmu kimia dan pengayaan metodologi pembelajaran kimia, sehingga guru dan pengajar tersebut dapat memiliki kompetensi pengajar kimia yang profesional seperti yang tertuan pada Undang-undang Nomor 14 tahun2005 tentang Guru dan Dosen. Lulusan program ini diharapkan dapat mengikuti perkembangan mutakhir dalam bidang sains Kimia secara aktif.

Lulusan Program Studi Magister Pengajaran Kimia telah mendapat bekal untuk menjadi Pengajar Kimia Umum sehingga mampu mengembangkan teknik-teknik pengajaran Kimia yang kreatif, menarik dan efektif. Selain itu, lulusan program ini mampu mengembangkan metode eksperimen dan penelitian Kimia yang terkait dengan materi Pengajaran Kimia.

Sejak didirikan pada tahun 2006 sampai April 2014, Program Magister Pengajaran Kimia telah meluluskan 149 alumni yang telah mengabdi di berbagai institusi pengajaran. Sejumlah guru lulusan program ini telah meraih berbagai prestasi, diantaranya prestasi sebagai guru teladan dan menjadi pembina siswa yang mengikuti berbagai kompetisi sains di bidang Kimia, yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Leaflet Informasi Prodi Magister Pengajaran Kimia:

Unduh

KURIKULUM

Kurikulum Magister Pengajaran Kimia

KETUA PROGRAM STUDI

Ketua Program Studi Magister Pengajaran Kimia saat ini adalah Dr. Lia Dewi Djuliawati.