The 7th Gruber-Soedigdo Lectures 2023

The 7th Gruber-Soedigdo Lectures 2023

Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung — Dalam rangka memperingati jasa Bapak Gruber (University of Groningen) dan Bapak Soedigdo (Institut Teknologi Bandung) dalam membangun kelompok keilmuan (KK) Biokimia ITB, KK Biokimia ITB menyelenggarakan The 7th Gruber-Soedigdo Lectures. Acara ini terdiri atas tiga rangkaian workshop dan satu acara puncak berupa kuliah tamu (lecture) dari beberapa pakar di bidang biokimia. Pada tahun ini, tema dari The 7th Gruber-Soedigdo Lectures adalah “Biochemistry in Medical and Environmental Applications”.

Acara puncak dari The 7th Gruber-Soedigdo Lecture diselenggarakan pada tanggal 26 Juni 2023 dan berlokasi di Aula Barat ITB. Acara puncak ini terdiri atas lima kuliah tamu (lecture) yang dihadiri oleh lebih dari 100 partisipan dan lomba poster yang diikuti oleh 39 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Dalam keberjalanan rangkaian acaranya, the 7th Gruber Soedigdo Lecture disponsori oleh PT Batuwaris Dinamika, ADVISAINS, dan PT IKA. Selain itu, acara ini juga didukung oleh Perhimpunan Biokimia dan Biologi Molekuler Indonesia dan Himpunan Kimia Indonesia cabang Jawa Barat dan Banten.

Sebelum rangkaian kuliah tamu berlangsung, acara dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana, Dr. rer.nat. Fifi Fitriyah Masduki; diikuti oleh Ketua Perhimpunan Biokimia dan Biologi Molekuler Indonesia, Dr. Khomaini Hasan; dan diakhiri oleh Rektor Institut Teknologi, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. Sesi pertama dari kuliah tamu dimulai oleh Prof. Dr. Ir. Pascal Jonkheijm (University of Twente) selaku Keynote Speaker. Beliau membawakan kuliah tamu mengenai “Supramolecular Applications and Advanced Cell-Tissue Constructs”. Kuliah tamu ini diikuti oleh penjelasan mengenai Circular Dichroism oleh Bapak Ben Pradhana dari PT Batuwaris Dinamika.

Sesi kedua dari kuliah tamu diberikan oleh apt. Sarmoko, Ph.D (Institut Teknologi Sumatera) dan Dr. rer. nat Savira Eka Wardhani (Universitas Padjadjaran) selaku Plenary Speaker. Bapak Sarmoko membawakan kuliah tamu mengenai “Functional Analysis of Adhesion G Protein-Coupled Receptors (Adhesions GPCRs) in Breast Cancer” sedangkan Bu Savira membawakan kuliah tamu mengenai “DARPin-Based Molecular Toolset for Biomedical Applications” .

Sesi ketiga dari kuliah tamu diberikan oleh Prof. Enny Ratnaningsih, Ph.D. (Institut Teknologi Bandung) and Ir. Sri Harjati Suhardi, Ph.D. (Institut Teknologi Bandung) selaku Plenary Speaker. Bu Enny membawakan kuliah tamu mengenai “Dehalogenase from Bacillus cereus IndBI” sedangkan Bu Sri membawakan kuliah tamu mengenai “Utilizing Fungal Laccase for Addressing Environmental Pollutants”.

Setelah rangkaian kuliah tamu selesai, Prof. Dr. Ir. Pascal Jonkheijm dan apt. Sarmoko, S. Farm., M.Sc, Ph. D berkeliling untuk menilai poster yang dilombakan oleh mahasiswa. Setelah pertimbangan ketat, didapatkan tiga pemenang untuk lomba poster tersebut. Ketiga pemenang lomba poster The 7th Gruber-Soedigdo Lecture adalah:

  • Muhammad Dzul akhri (Best Poster)
  • Vicky Rifatul Azkha (Second Best Poster)
  • Desy Kurniawati (Third Best Poster)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *