Chemicals Related Technopreneurship Coaching Program

Written by Administrator
There are no translations available.

zs

Deputi Kealumnian dan Deputi Keprofesian Himpunan Mahasiswa Kimia AMISCA bekerjasama dengan Ikatan Alumni Kimia (IA-KI) dan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, telah menyelenggarakan Chemicals Related Technopreneurship Coaching Program bertempat di Auditorium LPIK Jalan Ganesha No. 15 Bandung.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang Peluang Bisnis Kimia. Selain itu, juga memberikan motivasi kepada peserta bagaimana menjadi technopreneur di bidang Kimia serta menyiapkan Alumni Kimia untuk menjadi technopreneur yang andal dibidang yang berhubungan dengan Kimia.
Untuk mengikuti kegiatan ini, mahasiswa kimia yang berminat harus melalui tahap seleksi melalui motivation letter yang dapat menunjukan keseriusan peserta dalam kegiatan ini. Sehingga, hanya terpilih 25 mahasiswa saja yang dapat mengikutinya. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua LPIK sendiri, Prof. Dr. Ir. Suhono H. Supangkat dan dilanjutkan sambutan dari ketua himpunan AMISCA, Tegar Nurwahyu Wijaya.
22 โ€“ 23 Oktober 2011 peserta mendapatkan pencerahan dalam dunia wirausaha. Hari pertama, peserta memasuki tahap assesment Talent Mapping yang disampaikan oleh Pak Rama Royani, yang memetakan kemampuan masing-masing peserta baik yang menonjol, netral dan lemah sehingga menunjang untuk berkewirausahaan.
Siang harinya, dipapakarkan Peluang Bisnis Kimia oleh Dadik Garibaldi (KI 86) dan dilanjutkan dengan Pengembangan Usaha Baru dan Tahapannya yang disampaikan Bu Rajesri Govindaraju (LPIK).
Para peserta begitu antusias dalam penyampaian materi. โ€œDuh, jadi bingung mau usaha apaโ€, ujar Cynthia (Kimia 2008) yang bingung karena banyaknya peluang bisnis yang berhubungan dengan kimia.
Diakhir kegiatan pun banyak obrolan para peserta yang langsung mengaitkannya dengan kewirausahaan, ternyata jiwa kewirausahaan peserta langsung muncul setelah acara hari pertama.
Hari kedua, Andhy Widodo dari LPIK menjelaskan tentang Manajemen SDM dan recruitment. Siang harinya, dilanjutkan materi Perencanaan Bisnis oleh Syauki Amin (KI 85). Pada sore harinya, peserta diskusi dengan LPIK dan IA-KI.
Acara ditutup dengan pembentukan Amisca Technopreneur Club yang diketuai oleh Bagas Anindito Satyabhakti (Al 08) berikut perangkat kepengurusannya.
Kegiatan dua hari ini merupakan kegiatan awal yang akan dilanjutkan dengan rangkaian mentoring dan coaching tiap dua pekanan, Internship Program pada jeda libur semester, Business Plan Preparation dan terakhir Start Up & Inkubasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *