Prodi Kimia ITB, IAKI, dan HMK ‘AMISCA’ ITB berkolaborasi melakukan pelatihan rutin berbasis SNI ISO/IEC 17025:2017 Laboratorium untuk mahasiswa tingkat akhir dan wisudawan program studi sarjana dan pasca sarjana Kimia FMIPA ITB.

Prodi Kimia ITB, IAKI, dan HMK ‘AMISCA’ ITB berkolaborasi melakukan pelatihan rutin berbasis SNI ISO/IEC 17025:2017 Laboratorium untuk mahasiswa tingkat akhir dan wisudawan program studi sarjana dan pasca sarjana Kimia FMIPA ITB.

Bandung, 19 Mei 2024 โ€“ Program Studi Kimia FMIPA ITB, bekolaborasi dengan Ikatan Alumni Kimia (IAKI) ITB dan Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ ITB, serta atas dukungan PT Karya Nadiso Utama sukses menyelenggarakan seri pelatihan berbasis kompetensi untuk keempat kalinya. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan praktis serta keterampilan yang dibutuhkan di industri laboratorium. Kegiatan ini merupakan pelatihan rutin menjelang wisuda di ITB semenjak  bulan Oktober 2022. Pada pelatihan seri keempat kali ini, dilakukan dua tema pelatihan penting diangkat yakni: Pengenalan Standar Laboratorium Uji dan Kalibrasi berbasis SNI ISO/IEC 17025:2017 yang diselenggarakan selama dua hari pada 2 – 3 Maret 2024 serta Validasi dan Verifikasi Metode Pengujian Kimia yang dilaksanakan pada 20 – 21 April 2024. Tema pertama bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang standar ISO 17025:2017 bagi para mahasiswa tingkat akhir. Tema kedua difokuskan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan validasi dan verifikasi metode pengujian kimia sesuai dengan standar ISO 17025:2017. Standar ini penting untuk memastikan bahwa hasil pengujian yang dihasilkan oleh laboratorium memiliki kualitas yang tinggi dan dapat diandalkan.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang merupakan ahli di bidangnya, yaitu alumni-alumni Kimia ITB yang berpengalaman di industri laboratorium. Para narasumber, yakni:ย Antoni Budhi Prasetyo (KIโ€™09, PT SGS Indonesia)ย danย Yonan Nurgaman (KIโ€™00, PT Avogadro Inovasi Indonesia), merupakan trainer yang sudah berpengalaman sebagai praktisi. Tidak hanya memberikan materi secara teoritis, mereka juga berbagi pengalaman praktis dalam menerapkan standar ISO 17025:2017 di industri. Hal ini meningkatkan pemahaman peserta akan kondisi sesungguhnya di industri.

Total peserta pelatihan pada seri ini mencapai 80 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa kimia tingkat akhir dan lulusan baru program studi sarjana kimia ITB dan pasca sarjana kimia FMIPA ITB. Ketua Program Studi Sarjana Kimia, Anita Alni, Ph.D mengatakan dengan kegiatan pelatihan ini, mahasiswa dapat terfasilitasi dan dapat membekali diri dalam memenuhi kebutuhan standar laboratorium di industri. Antusiasme para peserta terlihat jelas dari partisipasi aktif mereka dalam sesi praktik dan diskusi. Kegiatan ini merupakan bukti komitmen Prodi Kimia ITB, IAKI, dan HMK ‘AMISCA’ ITB untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para anggotanya. Dengan pelatihan ini, diharapkan para mahasiswa kimia ITB dapat menjadi tenaga kerja yang profesional dan siap bersaing di dunia kerja global, khususnya di bidang laboratorium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *