Pengabdian Masyarakat Pengmas Kolaborasi Oseanografi-Kimia Lingkungan

Pengabdian Masyarakat Pengmas Kolaborasi Oseanografi-Kimia Lingkungan

Program Studi Kimia ITB dan Program Studi Oseanografi ITB mengikuti pengabdian masyarakat di Pangandaran pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2022 dengan judul “Implementasi ”Program Educoast-Edukasi Masyarakat melalui Sekolah Siaga Bencana Abrasi Pantai di Kabupaten Pangandaran”. Pengabdian masyarakat ini adalah bentuk persiapan kolaborasi dari mata kuliah Oseanografi Lingkungan yang diampu oleh Ibu Dr. Ivonne Milichristi R., S.Si., M.Si., Ph.D. dari Kelompok Keahlian Oseanografi FITB ITB dengan mata kuliah Kimia Lingkungan yang salah satunya diampu oleh Bapak Dr. Muhammad Yudhistira Azis, S.Si., M.Si. dari Kelompok Keilmuan Kimia Analitik  program studi Kimia FMIPA ITB. Kegiatan persiapan kuliah lapangan dilakukan di daerah Batu Hiu, Kabupaten Pangandaran. Kegiatan ini terdiri atas edukasi kepada 40 perwakilan dari guru SD di Kabupaten Pangandaran serta praktek langsung dalam mengobservasi pantai. Perwakilan guru SD dikumpulkan di SDN 3 Pangandaran ini diharapkan mampu meneruskan edukasi pengetahuan kepada siswa sekolah  dan penduduk di daerah pesisir pantai.

Edukasi Oseanografi yang diberikan antara lain adalah menentukan abrasi pantai, garis pantai, arah mata angin, dan tingkat kerusakan laut. Sedangkan, edukasi di bidang Kimia yang disampaikan oleh Bapak Yudhis berupa identifikasi dan dampak dari air yang tercemar serta penyuluhan terkait teknik penyaringan air sederhana. Beliau berpendapat bahwa edukasi dan praktik langsung yang dilakukan sangat penting bagi warga yang tinggal di pesisir pantai.

Selain bertujuan untuk mengedukasi warga pesisir Pangandaran, kegiatan ini juga bertujuan sebagai survei lokasi kegiatan kuliah lapangan dan monitoring kondisi lingkungan pesisir. Kedepannya diharapkan kegiatan kuliah lapangan yang direncanakan dapat bermanfaat untuk mengawasi mutu dan kualitas perairan daerah pesisir tersebut sebagai bentuk pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat sekitar.    


Penulis: M. Akbar Thufail

Editor: MYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *