Praktikum Pengayaan RSC 2022

Praktikum Pengayaan RSC 2022

Program Studi Sarjana Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB), bekerjasama dengan Royal Society of Chemistry (RSC) menyelenggarakan kegiatan bertajuk Praktikum Pengayaan RSC 2022 pada tanggal 25 – 29 Juli 2022. Praktikum ini bertempat di Laboratorium Kimia Fisik Pendidikan, Gedung Kimia Lantai 2, Program Studi Kimia, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Kegiatan ini merupakan pembelajaran di Semester 3 tahun ajaran 2021/2022 berupa praktikum dan presentasi hasil praktikum untuk meningkatkan kemampuan teknis laboratorium dan pemahaman para mahasiswa. Target dari kegiatan ini adalah mahasiswa kimia yang kurang beruntung karena selama masa pandemi tidak mendapatkan praktikum secara luring. Melalui kegiatan ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan teknis laboratorium dan pemahaman peserta, tetapi juga dapat semakin membuka wawasan mereka mengenai keilmuan kimia secara umum.

Praktikum Pengayaan RSC 2022 menyediakan praktikum dengan menekankan pada pengenalan penggunaan alat gelas yang umum digunakan di laboratorium. Percobaan terdiri dari 4 modul, yaitu Pemisahan Senyawa Organik: Ekstraksi dan Isolasi Kafein dari Daun Teh serta Uji Alkaloid, Sintesis Senyawa Turunan Dihidropirimidon Menggunakan Metode Biginelli, Kesetimbangan Kimia, dan Penentuan Mv dan Dimensi Polimer Secara Viskometri. Peserta yang mengikuti Praktikum Pengayaan RSC 2022 berjumlah 48 orang yang merupakan mahasiswa kimia program sarjana dengan rincian 32 orang angkatan 2019 dan 12 orang Angkatan 2020.

Secara umum, kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari para peserta. โ€œPraktikum pengayaan ini memberikan pengalaman baru bagi saya terkait melakukan percobaan di laboratorium, banyak juga ilmu baru, teknik menggunakan alat dan manajemen waktu di lab, sehingga materi yang ada di modul bisa lebih dimengerti. Karena sistemnya yang agak berbeda dengan praktikum reguler sehingga memberikan kesempatan lebih kepada mahasiswa untuk meningkatkan skill laboratoriumโ€, ungkap salah satu peserta Praktikum Pengayaan RSC 2022. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *