Prestasi Mahasiswa pada LKTI Nasional “Methanol” 2021

Prestasi Mahasiswa pada LKTI Nasional “Methanol” 2021

Muhamad Novan Agandra Rois (Kimia 2020) meraih juara pertama pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional “Medical Laboratory Technologist Olympiad” 2021 (LKTIN “Methanol” 2021). Kompetisi ilmiah tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Lab Medis Universitas Airlangga secara daring pada 28 – 29 September 2021. Tema yang diangkat pada perlombaan ini adalah Optimalisasi Peran Generasi Milenial dengan Inovasi Terbarukan dalam Menghadapi SDGs 30 Pasca Pandemi Covid-19 dengan 7 subtema lainnya.

Bersama dengan dua mahasiswa lainnya, yaitu Dina Ferdinasari (Teknik Bioenergi dan Kemurgi 2020) dan Argianti Kalula (Teknik Industri 2020), Novan mempresentasikan karya tulis yang berjudul “Pemanfaatan Bakteri Basil dengan Menghasilkan Energi Listrik melalui Proses Penguapan Air untuk Memproduksi Green Hydrogen” dengan fokus energi terbarukan. Penyusunan karya tulis tersebut dibimbing oleh Dosen Teknik Kimia ITB, yaitu Ibu Elvy Restiawaty, S.T, P.D.Eng., Ph.D. Dalam karya tulisnya, Novan dan tim menjabarkan suatu strategi untuk menghasilkan gas hidrogen dengan metode elektrolisis menggunakan energi listrik dari sumber terbarukan. Sumber energi terbarukan yang dikaji bersifat unik, yaitu gerak bakteri basil. Novan berharap karya tulis ini dapat membuka peluang baru dalam dunia energi terbarukan.

Novan juga membagikan pengalamannya selama mengikuti kompetisi karya ilmiah tersebut. “Saya mendapatkan banyak pelajaran yang berharga selama penyusunan karya ilmiah ini. Saya merasakan bahwa Program Studi Kimia mempersiapkan saya untuk dapat beradaptasi dan mengembangkan keilmuan secara multidisiplin untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks. Ini bukanlah akhir dari perjalanan saya untuk berkarya, melainkan bagian dari upaya untuk terus berinovasi untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater”.

Selamat untuk Novan atas prestasi yang menginspirasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *