Rangkaian OKTAN ITB 2021 bertema : Health Chemistry

Rangkaian OKTAN ITB 2021 bertema : Health Chemistry

Pada Januari 2021, Kompetisi Kimia Tingkat Nasional (OKTAN) ITB mengangkat tema “Health Chemistry” yang dimaknai sebagai penerapan ilmu kimia di bidang kesehatan. Terdapat beberapa rangkaian acara di OKTAN ITB 2021 ini, diantaranya CRYSTAL (Chemistry Biggest National Competition), ISOTERM (Indonesia’s Innovative Research Competition), Webinar Nasional, Workshop Karya Tulis Ilmiah, ATOMIC (A Journey to Miracle of Chemistry), dan Workshop Guru Kimia SMA.

 

CRYSTAL 2021

CRYSTAL 2021 diikuti oleh 538 tim atau setara dengan 1076 peserta pelajar SMA/se-derajat dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi ini dimulai dari babak penyisihan pada tanggal 9 Januari 2021, kemudian dilanjutkan babak perempat final hingga final pada tanggal 23 – 24 Januari 2021. Perlombaan ini memperebutkan hadiah 5 piala bergilir dengan total uang tunai senilai Rp 25.500.00,00 dan 10 medali. Pada akhir kompetisi yang ketat, terpilih juara 1 CRYSTAL 2021 yaitu Muhammad Alfrian Syach dan Anastasia Segari Putri Pramudya dari SMK-SMAK Bogor.

 

Dokumentasi Babak Final CRYSTAL 2021

ISOTERM 2021

ISOTERM 2021 diikuti oleh 130 tim atau setara dengan 325 peserta mahasiswa se-Indonesia. Dimulai dari babak seleksi abstrak, seleksi full paper, hingga presentasi secara daring kepada tim juri. Perlombaan ini memperebutkan hadiah 3 piala bergilir, total uang tunai senilai Rp 22.750.000,00 dan 18 medali. Terdapat kategori juara tambahan pada ISOTERM 2021 yaitu Poster Terbaik, Poster Favorit, dan Penyaji Terbaik. Terpilih juara 1 ISOTERM 2021 yaitu Tim Yokura beranggotakan Joddi Jonatan P., Joshua Felix Kristyanto, dan Aurellia Clara T. dari Institut Teknologi Bandung.

Dokumentasi Babak Final ISOTERM 2021

ATOMIC (A Journey to Miracle of Chemistry)

ATOMIC (A Journey to Miracle of Chemistry) merupakan sebuah pameran karya virtual hasil kolaborasi antara panitia OKTAN ITB 2021 dengan Departemen Karya Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ ITB. Dalam pameran karya ini terdapat berbagai informasi menarik seperti keajaiban dari eksperimen kimia, pengenalan mengenai fakultas dan program studi Kimia ITB, dan dokumentasi berbagai karya mahasiswa. ATOMIC telah dikunjungi oleh ratusan orang dari berbagai kalangan dan mendapatkan respon yang sangat positif dari para pengunjung. ATOMIC masih dibuka sampai saat ini dan dapat diakses melalui website OKTAN ITB (www.oktanitb.com) atau melalui tautan berikut.

 

Dokumentasi ATOMIC 2021

WEBINAR NASIONAL : “Chemistry in Medical Science & Potential Solution for COVID-19″

OKTAN ITB juga berkolaborasi dengan American Chemical Society ITB Student Chapter (ACS ITB SC) untuk menyelenggarakan Webinar Nasional dengan topik “Chemistry in Medical Science & Potential Solution for COVID-19”. Webinar ini telah diikuti oleh lebih dari 900 peserta dari berbagai kalangan usia dan pekerjaan. Webinar tersebut dihadiri oleh pembicara dari mancanegara diantaranya Ibu Rosalina Wisastra, Ph.D, Dr. Shofarul Wustoni, dan Dr. Hendra Gunosewoyo.

 

Dokumentasi Webinar Nasional OKTAN ITB x ACS SC

WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH : “From Idea to Action: How to Generate Idea During Pandemic”

Selain itu, OKTAN ITB juga mengadakan workshop karya tulis ilmiah sebagai bagian dari rangkaian acara ISOTERM. Kegiatan ini dihadiri oleh dua orang pembicara hebat yaitu Dr. Ir. Syarif Hidayat selaku Inisiator Vent-I dan Dr. Yenny Meliana M.Si selaku Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI. Workshop ini bertemakan “From Idea to Action: How to Generate Idea During Pandemic”. Workshop ini dihadiri oleh 130 orang yang terdiri dari masyarakat umum dan peserta ISOTERM.

 

Dokumentasi Workshop Karya Tulis Ilmiah ISOTERM 2021

DONASI UNTUK YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia)

Pada tahun ini, OKTAN ITB juga mengadakan inovasi baru yaitu penggalangan dana yang ditujukan untuk adik-adik penderita kanker yang dinaungi oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Bandung. Donasi ini dibuka selama 10 hari dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1.350.000,00.

 

Laporan Donasi Terkumpul untuk YKAKI

Penulis : Hafidh Raihan (Kimia 2017 dan Panitia OKTAN 2021)

Editor   : RMP