Posted October 23, 2018 by Humas Kimia in Berita

Syukuran Wisuda Sakura, Oktober 2018 keluarga besar Kimia ITB

(BANDUNG, www.chem.itb.ac.id) Kelulusan merupakan momen yang paling didambakan oleh setiap mahasiswa. Oleh karena itu, sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi kepada para wisudawan yang lulus pada periode Oktober 2018 ini, Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ ITB yang bekerja sama dengan Program Studi Kimia ITB mengadakan acara Syukuran Wisuda Oktober tahun 2018 yang bertempat di Gedung Labtek I (Mektan) Ruang Serbaguna Lantai 1 pada hari Jumat, 19 Oktober 2018.

Wiskura, Syukuran Wisuda Oktober 2018 keluarga besar Kimia ITB yang dipandu oleh dua orang pembawa acara dari mahasiswa Kimia ITB. (Foto: HMK ‘Amisca’ ITB)
Acara ini bertajuk “festival hanami” yang berarti melihat bunga. Hanami merupakan salah satu kebudayaan Jepang yang dilakukan untuk mengapresiasi keindahan bunga, khususnya bunga sakura, sehingga syukuran wisuda kali ini disebut sebagai wiskura yang merupakan akronim dari wisuda sakura. Saat memasuki ruangan, kita disambut dengan dekorasi yang didominasi warna merah muda dan putih berupa bunga-bunga sakura dari kertas yang menggantung di pintu, tidak lupa pohon-pohon sakura hadir mempercantik ruangan, didukung dengan adanya photobooth yang mengilustrasikan pintu traditional Jepang dengan aksen bunga-bunga sakura yang ditempel secara tersebar. Selain itu, ada hal menarik dari dekorasi wiskura, yaitu adanya pojok nostalgia yang berisi kumpulan foto wisudawan dan wisudawati dengan display menggantung di sepanjang tali yang ditempelkan, pojok nostalgia ini menggunakan konsep piknik sehingga nuansa hanami lebih terasa.

Sekitar 200 orang lebih yang terdiri dosen, wisudawan, keluarga wisudawan, alumni, dan mahasiswa hadir ikut memeriahkan acara ini. Adapun rangkaian acara dari syukuran wiskura ini terbagi menjadi dua, yaitu rangkaian acara formal (16.30-17.45 WIB) dan rangkaian acara nonformal (18.20-21.00 WIB). Penampilan dari Amichorus yang merupakan grup paduan suara HMK ‘AMISCA’ ITB membuka acara ini dengan menyanyikan lagu berbahasa Jepang “Kokoronotomo”. Penampilan Amichorus ini disambut dengan tepuk tangan hangat dari ratusan pasang mata yang menyaksikan. Terselenggaranya acara ini, tidak luput dari peran serta panita pelaksana. Khairul Ihsan Solihin yang merupakan mahasiswa Kimia angkatan 2016 sebagai ketua pelaksana mengawali rangkaian acara formal dengan memberikan sambutan. Sambutan ramah juga disampaikan oleh bapak Prof. Zeily Nurachman, D.Sc. selaku Ketua Program Studi Sarjana Kimia ITB. Ketua Program Studi Magister dan Doktor Kimia ITB, Ibu Dr. Deana Wahyudiningrum juga terlibat dalam mata acara simbolis berupa pengalungan bunga kepada perwakilan 2 orang wisudawan yang mewakili S1 dan mewakili S2&S3. Perwakilan S1 adalah wisudawan dari angkatan 2014, Galuh Sukmarani, dan perwakilan S2 & S3 adalah wisudawan berprestasi yang mengikuti program fast track, Donny Rudinatha. “Syukuran wisuda kali ini sebagai wadah bagi saya bertemu dengan teman-teman angkatan saya (Fluorophore) yang saat ini sudah sulit sekali ditemui. Selain itu, acaranya tidak membosankan, endingnya pecaaaah.” Ujar Galuh, perwakilan wisudawan S1.

Sambutan yang disampaikan oleh ketua pelaksana acara Wiskura, Khairul Ihsan Solihin. (Foto: HMK ‘Amisca’ ITB)
Acara ini digelar secara meriah dengan melibatkan berbagai pihak, mulai dari dosen, tenaga kependidikan, wisudawan, orangtua wisudawan, dan juga mahasiswa prodi kimia. Sehingga tercipta ikatan kekeluargaan yang lebih erat sebagai keluarga besar Kimia ITB. Wiskura ini pun sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuannya, seperti bernyanyi, bermain alat musik, dan berpuisi. Tidak hanya mahasiswa yang menunjukkan bakatnya, dosen pun tidak mau kalah untuk ikut memeriahkan acara ini. Diantaranya adalah bapak Prof. Dr. Yana Maolana Syah yang menyanyi solo dan bapak Prof. Dr. Ismunandar juga bernyanyi, bedanya bapak Ismunandar berkolaborasi dengan salah satu mahasiswa kimia 2015.

Prof. Dr. Ismunandar bernyanyi di atas panggung, menambah semaraknya acara. (Foto: HMK ‘Amisca’ ITB)
Panitia pelaksana tentunya berharap bahwa syukuran wisuda ini dapat memberikan kesan yang baik bagi para tamu undangan secara umum dan khususnya bagi para wisudawan sehingga dapat menjadi kenangan yang tak terlupakan. Selamat atas kelulusannya wisudawan dan wisudawati Oktober Kimia ITB. Semoga bisa menemukan pelabuhan dimana akan berkembang untuk terus menebar manfaat dan inspirasi untuk  banyak orang. Selamat memasuki gerbang dunia yang sebenarnya wisudawan dan wisudawati Oktober Kimia ITB, karena dunia tempat menempa diri telah tuntas dilewati. (Oleh: Prisma Silviya Auliawati, Editor: MI)