Posted October 24, 2019 by Humas Kimia in Berita

Syukuran Wisuda Oktober Kimia 2019 Mengusung Tema Wesleep

(BANDUNG, www.chem.itb.ac.id) Pada hari Kamis, 17 Oktober 2019, Program Studi Kimia ITB yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ ITB kembali mengadakan syukuran wisuda Oktober Kimia ITB 2019. Acara yang digelar di Aula Timur ITB ini mengusung tema “Wesleep”. Adapun alasan wisuda oktober kali ini menangkat tema tersebut adalah arahan dari panitia wisuda pusat yang mengusung tema besar “kolase mimpi”. Wesleep sendiri terinspirasi dari dongeng-dongeng dunia fantasi yang tidak hanya memiliki sisi indah saja tetapi juga sisi gelap. Salah satu dongeng yang diangkat dalam penampilan wisuda Oktober kali ini adalah sleeping beauty, sebagai analog dari kehidupan mahasiswa yang mengalami berbagai tempaan dan kesulitan tetapi pada akhirnya mendapat kebahagiaan.

Di awal acara, MC membuka acara dengan sebelumnya membacakan safety induction sebagai standar yang wajib dilakukan sebelum melangsungkan acara di ITB, kemudian dilanjut dengan penampilan dari paduan suara AMISCA, Amichorus yang menyanyikan dua buah lagu berjudul “Lihatlah lebih dekat” dan “Can’t take my eyes of you”. Acara berlanjut dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh ketua pelaksana syukuran wisuda Oktober 2019 (Rahman Aziz-Kimia ITB 2017), ketua HMK ‘AMISCA’ ITB periode 2019/2020 (Rahardian Fakhri Muhammad-Kimia ITB 2016), dan ketua Program Studi Magister dan Doktor (Dr. Deana Wahyuningrum). Selain itu, ada juga speech dari perwakilan wisudawan yang disampaikan oleh Masytha yang merupakan mahasiswa Kimia 2015.

Penampilan pembuka dari paduan suara AMISCA, Amichorus (Foto: Humas FMIPA)

Selain sebagai bentuk rasa syukur, momen syukuran wisuda juga merupakan momen peleburan berbagai elemen di program studi Kimia ITB, mulai dari mahasiswa, dosen, dan civitas akademik Kimia ITB, sehingga melalui acara ini dilibatkan banyak elemen mulai dari wisudawan sarjana maupun pascasarjana, dosen-dosen, dan juga panitia yang merupakan anggota HMK ‘AMISCA’ ITB sebagai eksekutor dari acara ini. selain itu, momen syukuran wisuda ini seringkali dijadikan sebagai wadah bagi mahasiswa Kimia untuk menampilkan minat dan bakat nya dalam bidang seni, mulai dari menyanyi, bermain alat musik, hingga bermain sulap.

Sambutan dari ketua pelaksana acara syukuran wisuda (Foto: Humas FMIPA)

Ada hal yang cukup menarik dari acara syukuran wisuda kali ini, yaitu adanya penampilan sulap dari salah seorang mahasiswa Kimia ITB 2018 yang akrab di sapa Abi. Melalui penampilannya Abi menunjukkan berbagai trick sulap menggunakan kartu. Sorak sorai penonton menghiasi tempat acara menunjukkan antusisme penonton.

Penampilan sulap dari Abi, mahasiswa Kimia ITB 2018 (Foto: Humas FMIPA)

Terlaksananya acara ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras panitia yang telah melakukan persiapan yang cukup panjang. Persiapan ini efektif dilakukan sejak sebulan sebelum hari H acara. Rahman Aziz, atau lebih sering di sapa Aziz yang merupakan ketua pelaksana acara ini menyampaikan kesan dan pesan nya selama menjadi panitia.

“Kesannya banyak pengalaman yang belum saya alami sebelumnya ditambah lagi keadaan semester 5 yang sangat sibuk. tetapi selalu ada pembelajaran dan hikmah yang bisa diambil.”

Semoga syukuran wisuda kali ini menjadi momen yang tak terlupakan bagi para wisudawan khusunya, dan umumnya bagi semua yang mengikuti acara ini. Selamat atas kelulusannya para wisudawan Oktober Kimia 2019, selamat melanjutkan perjalanan menaiki anak tangga menuju impian masing-masing.

“Untuk wisudawan, selamat berbahagia atas kelulusannya tetapi jangan lupa tanggung jawabnya baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Semoga bisa menebar manfaat dimanapun berada.” Tutup Aziz. (Oleh : Prisma Silviya Auliawati, Editor: MI)

Foto bersama sesi pemberian apresiasi dari dosen ke wisudawan (Foto: Humas FMIPA)