Program Sarjana

Program Studi Sarjana Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan proses pendidikan tingkat sarjana dalam bidang ilmu kimia. Program Studi Sarjana Kimia, FMIPA, Institut Teknologi Bandung merupakan Program Studi Sarjana Kimia tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1947. Program Studi Sarjana Kimia ITB terakreditasi A oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Naional Perguruan Tinggi) dan memperoleh Akreditasi RSC (Royal Society of Chemistry), UK sejak Maret 2013 untuk kurun waktu 2013-2018.

Program Studi Kimia FMIPA-ITB selain didukung oleh 49 orang staf pengajar yang sebagian besar bergelar doktor dan 11 orang Guru Besar, juga ditunjang oleh laboratorium-laboratorium modern dan fasilitas perpustakaan yang memadai sehingga memungkinkan dihasilkannya karya penelitian yang berkualitas. Program Studi Kimia FMIPA-ITB juga memiliki jalinan kerjasama yang sangat baik dengan Program Studi sejenis di berbagai Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri juga dengan berbagai industri, lembaga riset dan instansi pemerintah.

Adapun visi, misi dan tujuan Program Studi Sarjana Kimia adalah sebagai berikut:

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan, penelitian dan penerapan terpadu ilmu kimia (integrated chemistry) yang bermutu internasional berdasarkan perkembangan ilmu yang paling mutakhir serta diakui sebagai institusi rujukan yang terlibat aktif dalam jaringan ilmiah nasional dan internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara kreatif dan inovatif, yang dipandu oleh tata nilai dan norma yang diakui dan berlaku di masyarakat serta ditopang oleh keterbukaan dalam suasana akademik yang kondusif.
  2. Menghasilkan sarjana dalam ilmu kimia yang mempunyai kemampuan kognitif, etos kerja yang tinggi, sikap dan perilaku yang bertanggung jawab dan selalu menjunjung tinggi kebenaran, sehingga mampu menghadapi tantangan masa depan yang sarat perubahan dan kecanggihan.
  3. Memberikan kontribusi pada pengembangan, penerapan dan penyebarluasan ilmu kimia melalui penelitian sebagai sumbangsih terhadap khazanah ilmu pengetahuan dan teknologi serta berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan kimia di masyarakat demi kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya dan kemanusiaan pada umumnya.
  4. Membantu pengembangan pendidikan kimia di Perguruan Tinggi lain baik negeri maupun swasta di Indonesia dan melengkapi pendidikan dasar bagi departemen/program studi lain yang membutuhkan.

KURIKULUM

Kurikulum program studi sarjana kimia adalah sebagai berikut:

Kurikulum Sarjana

KETUA PROGRAM STUDI

Ketua Program Studi Sarjana Kimia sekarang adalah Dr. Bunbun Bundjali