Kurikulum Magister

Kurikulum Program Magister Kimia ITB mencakup minimal 36 sks yang terdiri dari 12 SKS kuliah wajib, 12 SKS kuliah pilihan, dan 12 SKS penelitian dengan masa studi dua tahun. Pada akhir masa pendidikan, hasil penelitian mahasiswa ditulis dalam bentuk tesis dan dikomunikasikan dalam bentuk seminar dan publikasi ilmiah.

Program Magister Kimia ITB memiliki 5 subprogram yang masing-masingnya mengkhususkan diri pada salah satu bidang ilmu kimia, yaitu:

  • Kimia Analitik berfokus pada bidang pemisahan dan spesiasi, elektrometri serta aplikasi kimia di bidang lingkungan dan industri.
  • Kimia Fisik yang mencakup struktur, energetika dan dinamika kimia, serta aspek terapan dalam bidang kimia material seperti polimer, membran dan keramik.
  • Kimia Anorganik yang mencakup aspek fundamental untuk memahami struktur sifat fisik dan kereaktifan senyawa anorganik, sintesis dan karakterisai padatan anorganik dan senyawa koordinasi.
  • Kimia Organik mempelajari sintesis, struktur dan sifat kimia senyawa-senyawa organik serta aplikasinya di berbagai bidang diantaranya obat-obatan, katalisis, makanan, korosi, dan sel surya.
  • Biokimia mempelajari struktur dan fungsi komponen sel, metabolisme sel dan proses-proses kimia yang berkaitan dengan enzim dan informasi genetik.