Program Magister

Program Studi Magister Kimia ITB didirikan pada tahun 1980 dan telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Visi Program Studi Magister Kimia adalah menjadi penyelenggara pendidikan taraf magister dalam bidang kimia yang bersandarkan kepada perkembangan keilmuan kimia yang mutakhir, sehingga menjadi rujukan bagi masyarakat ilmiah secara nasional maupun internasional. Selain itu Program Studi Magister Kimia, juga berperan sebagai pemrakarsa dalam pengembangan ilmu kimia dan terapannya yang berorientasi kepada pemanfaatan sumber daya alam Indonesia dalam rangka peningkatan kesejahteraan bangsa.

KURIKULUM

Kurikulum Magister Kimia

PROGRAM UNGGULAN

Fast Track Program

Mahasiswa S1 Program Honors Kimia ITB mengambil sebagian kredit perkuliahan S2 di tahun keempat sehingga dapat menyelesaikan program Magister dalam satu tahun.

Sandwich Program

Mahasiswa Magister jalur cepat (fast track) yang luus seleksi dapat melakukan riset selama 6 bulan di Zernike Institute for Advances Materials, University of Groningen, Belanda. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2007 dan telah menghasilkan lebih dari 20 lulusan Magister Kimia yang bekerja di bidang industri ataupun melanjutkan studi di Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri.

Double Degree Program

Mahasiswa dapat meraih gelar Magister dari ITB dan Master dari University of Twente atau Universitas terpilih di Perancis dalam kurun waktu 2 tahun. Program ini telah berlangsung sejak 2008 dan telah menghasilkan 15 lulusan yang bekerja di bidang industri ataupun melanjutkan studi di Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri.

KETUA PROGRAM STUDI

Ketua Program Studi Magister Kimia ITB saat ini adalah Prof. Dr. Djulia Onggo.