Program Doktor

Program Studi Doktor Kimia ITB (terakreditasi A oleh BAN-PT) didukung oleh 49 staf pengajar lulusan Program Doktor dari berbagai perguruan tinggi di dunia. Staf yang dapat menjadi promotor mahasiswa doktor sebanyak 16 orang (11 Guru Besar dan 5 Lektor Kepala). Program ini juga didukung instrumen analisis dan karakterisasi yang modern, fasilitas komputasi, perpustakaan dan akses ke jurnal atau pusat data internasional yang cukup memadai, sehingga mampu menghasilkan output penelitian yang berkualitas.

Sejak 1992, Program Studi Doktor Kimia ITB telah menghasilkan lebih dari 90 doktor yang bekerja di berbagai perguruan tinggi dan lembaga penelitian, beberapa diantaranya sudah menjadi Guru Besar. Dalam kurun waktu yang sama, program studi ini telah menghasilkan sekitar 300 artikel ilmiah pada berbagai jurnal dan prosiding seminar internasional.

Program Studi Doktor Kimia ITB mempunyai visi untuk menjadi penyelenggara pendidikan dan penelitian yang mengacu pada standar internasional, yang kualitas proses dan produknya mendapatkan pengakuan secara internasional, dan menjadi salah satu rujukan bagi arah perkembangan ilmu kimia dan terapannya.

VISI DAN MISI

VISI: 

Menjadi penyelenggara pendidikan dan penelitian yang mengacu pada standar kualitas internasional, yang kualitas proses dan produknya mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional, serta menjadi salah satu rujukan bagi arah perkembangan ilmu kimia dan terapannya di tingkat nasional, regional dan bahkan internasional.

MISI: 

  • Menyelenggarakan pendidikan doktor terbaik dalam bidang Kimia untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter berbudi luhur dan berdaya saing global
  • Melaksanakan penelitian di bidang kimia yang berkualitas baik dan terdepan
  • Melaksanakan pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan kepakaran kimia yang dimiliki oleh sivitas akademika untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan bangsa

Unduh Tujuan,Visi, Misi dan Luaran Pembelajaran Program Doktor Kimia

KERJA SAMA

Kerja sama dengan lembaga di dalam dan luar negeri telah dilakukan agar tetap berada pada ujung terdepan dalam ilmu pengetahuan kimia. Lembaga-lembaga tersebut antara lain:

  • Instansi dan lembaga penelitian seperti LIPI, BATAN, PPTM, BI-Keramik dan Balai Besar Selulosa.
  • Perguruan tinggi di uar negeri, seperti Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Sains Malaysia, Universiti Teknologi Malaysia (Malaysia), Chiba University, Kumamoto University, Meiji Pharmaceutical University, The University of Tokyo (Jepang), Sydney University, University of Western Australia (Australia), University of Milan (Italia), University of Wisconsin (USA), Technical University of Berlin, Technical University of Munich (Jerman), dan Ensicaen Perancis.
  • Kalangan industri seperti TOTAL Indonesie, Kimia Farma dan Chandra Asri.

KURIKULUM

Kurikulum Doktor Kimia

LEAFLET PROGRAM STUDI

Unduh
Unduh

KETUA PROGRAM STUDI

Dr. Deana Wahyuningrum