Posted November 18, 2015 by Admin Web Kimia in Berita

Lectures on Catalysis: 5th Annual Meeting of ITB Catalysis Symposium

 

Pada tanggal 4 Oktober 2015, bertempat di ruang 2104 Program Studi Kimia ITB, diadakan sebuah acara yaitu “Lectures on Catalysis: 5th Annual Meeting of ITB Catalysis Symposium”. Acara ini merupakan kerjasama antara Kelompok Keilmuan Kimia Fisik dan Anorganik Program Studi Kimia ITB yang diwakili oleh Dr. Rino R. Mukti bersama dosen-dosen dari, Ikatan Zeolit Indonesia (IZI), dan MRS.id. Pemateri yang hadir pada simposium kali ini adalah Prof. Dr. Shogo Shimazu (Chiba University, Jepang) dan Prof. Dr. Andreas Jentys (TU Munchen, Jerman). Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dan beberapa dosen dari Kelompok Keilmuan Kimia Fisik dan Anorganik.

Kegiatan Lectures on Catalysis ini sudah diadakan rutin setiap tahun sejak 2011. Tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah di ITB pada tahun 2011-2013, kemudian bertempat di UI pada tahun 2014, dan kembali dilaksanakan di ITB pada tahun ini, tentunya dengan pemateri dan kuliah yang berbeda-beda tiap tahunnya. Pada Lectures on Catalysis2015, acara dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama diisi oleh kuliah dari Prof. Dr. Shogo Shimazu tentang “Asymmetric hydrogenation of ketones by chiral intercalation catalysts”. Sedangkan sesi kedua diisi oleh kuliah dari Prof. Dr. Andreas Jentys tentang “Tailoring sorption, transport, and reactivity on novel hierarchically structured zeolites”.

“Pada dasarnya, kegiatan ini merupakan pertemuan tahunan tentang katalisis yang keberjalanannya harus terus dijaga dari tahun ke tahun. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menjaga komunikasi dan hubungan baik antar komunitas katalisis di Indonesia.” tutur Dr. Yessi Permana, sebagai salah satu peserta yang hadir di acara ini, sekaligus merupakan salah satu dosen di Program Studi Kimia ITB dari Kelompok Keahlian Kimia Fisik dan Anorganik.(FA)