Posted August 23, 2019 by Humas Kimia in Berita

Kunjungan Kimia Universitas Gadjah Mada ke Program Studi Kimia ITB

(BANDUNG, www.chem.itb.ac.id) Pada hari Selasa, 20 Agustus 2019 pukul 13.00 WIB, Program Studi Kimia ITB yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ ITB menerima kunjungan dari mahasiswa Kimia UGM (Universitas Gadjah Mada). Rombongan mahasiswa didampingi oleh Aulia Sukma Hutama, Ph.D. sebagai dosen pendamping. Kunjungan mahasiswa Kimia UGM ini dilakukan dalam rangka melaksanakan rangkaian acara penutup kunjungan industri yang mereka laksanakan.

Acara ini diawali dengan penyambutan dan pemaparan tentang Kimia ITB oleh Dr. Handajaya Rusli yang bertempat di Laboratorium Kimia Dasar, Gedung BSC-B ITB. Secara umum, dalam pemaparannya bapak Handajaya Rusli menyampaikan beberapa hal yang diantaranya terkait pengenalan Prodi Kimia ITB secara general, mulai dari pengenalan gedung, dosen beserta tenaga kependidikan, program-program yang ditawarkan, jumlah lulusan, hingga kegiatan mahasiswa Kimia ITB.

Pemaparan tentang Kimia ITB oleh Dr. Handajaya Rusli (Foto: Humas)

Setelah pemaparan terkait gambaran umum prodi, selanjutnya dilakukan tour laboratorium di di lingkungan Kima ITB. Mahasiswa UGM dibagi kedalam empat kelompok yang masing-masing kelompoknya dipandu oleh perwakilan mahasiswa dari HMK ‘AMISCA’ ITB sebagai tour leader. Tour laboratorium dilakukan di berbagai laboratorium yang ada di Gedung Kimia Baru ITB dan Gedung Labtek I, diantaranya lab penelitian Biokimia, Kimia Analitik, Kimia Fisik dan Anorganik, Kimia Organik, dan berbagai ruangan instrumen.  Secara umum, dalam mata acara tour laboratorium ini, mahasiswa diperkenalkan dengan topik penelitian yang dilakukan di laboratorium terkait, fasilitas yang tersedia di laboratorium termasuk instrumen yang tersedia, dan sistem yang diberlakukan di masing-masing laboratorium. Dalam setiap laboratorium, dilakukan pemaparan terlebih dahulu dari asisten akademik dari masing-masing kelompok keilmuan. Banyak mahasiswa UGM yang aktif bertanya setiap sesi tanya jawab dilakukan.

Setelah tour laboratorium selesai, selanjutnya mahasiswa UGM diajak berkeliling di sekitar ITB dan diajak ke beberapa tempat yang monumental di ITB, seperti plaza widya nusantara, gedung kembar, dan beberapa gedung lainnya yang tidak kalah monumental. Setelah berkeliling dan berfoto mengabadikan momen, mahasiswa Kimia UGM diantarkan kembali ke bus untuk perjalanan pulang.

Semoga momen kunjungan ini menjadi media untuk sharing dan bertukar pengalaman antar sesama mahasiswa Kimia dari berbagai Universitas, sehingga dapat menambah semangat dalam mengembangkan keilmuan Kimia. (Oleh: Prisma Silviya Auliawati Editor: MI)