Home

Menu Utama
Kelompok Keilmuan

Chemistry
Rekrutmen Program Master dan Doktor, Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 28 October 2011 09:35
There are no translations available.


BANDUNG, chem.itb.ac.id - Universiti Teknologi Petronas (UTP), merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Malaysia. Pada hari kamis, 20 Oktober 2011 mengadakan proses rekrutmen calon mahasiswa baru untuk program master dan doktor di Ruang Sidang Program Studi Kimia FMIPA ITB, yang dihadiri oleh 20 peserta dari berbagai background, 3 orang perwakilan dari UTP (Dr. Suryati, Afza B.T. Shafie, Ph.D, dan Aska) dan perwakilan dari program studi kimia (Dr. Dessy Natalia, Dr. Deana Wahyuningrum, dan Dr. Muhammad Ali Zulfikar).

Acara dimulai dengan penyambutan dari Ketua Program Studi Kimia FMIPA ITB oleh Dr. Dessy Natalia. Acara dilanjutkan dengan pemutaran video profil UTP. Kemudian pemaparan mengenai profil, bidang penelitian, pendidikan, dan proses rekrutmen mahasiswa baru UTP, yang disampaikan  oleh Dr. Suryati, dosen Chemical Engineering UTP. Acara ini dilakukan untuk memperkenalkan sekaligus menginformasikan tentang kondisi pendidikan di Malaysia, terutama di UTP. Setelah acara pemaparan profil UTP, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya yang lebih jauh mengenai UTP. Akhirnya acara ini yang berlangsung selama 1,5 jam ini ditutup pada pukul 11.30 WIB.

Bagi peserta yang berminat melanjutkan studi di UTP, Malaysia, langsung dilakukan interview satu persatu oleh tim penyeleksi. Adapun persyaratannya adalah memiliki IPK > 3.00, dengan nilai TOEFL minimum 500 atau IELTS 6.0. Selanjutnya peserta diwajibkan untuk mengirimkan proposal penelitian dan melakukan korespondensi dengan calon pembimbing via email.

Program yang ditawarkan yaitu :

Engineering

·         Chemical Engineering Programme

·         Civil Engineering Programme

·         Electrical and Electronic Engineering Programme

·         Mechanical Engineering Programme

·         Petroleum Engineering Programme

 

Technology

·      Petroleum Geoscience Programme

·      Information and Communication Technology (ICT) Programme

·      Business Information System (BIS) Programme

Last Updated on Wednesday, 02 November 2011 06:26
 
Studi Banding Mahasiswa Program Studi Kimia FKIP Universitas Bengkulu PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 28 February 2011 09:09
There are no translations available.

Bandung, 23 Februari 2011, Program Studi Kimia FMIPA ITB menerima Studi Banding Mahasiswa Program Studi Kimia FKIP Universitas Bengkulu angkatan tahun 2008/2009. Rombongan terdiri atas 28 mahasiswa dan 3 dosen pendamping. Kunjungan tersebut diterima anggota Tim Humas FMIPA Rusnadi, M.Si., didampingi beberapa mahasiswa Program Studi Kimia yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kimia (AMISCA) ITB.

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

1. Memfasilitasi mahasiswa untuk melihat dan merasakan secara langsung segala aktifitas yang dilakukan di dunia industri dan perguruan tinggi pasangan, sehingga dapat mengambil pengalaman dan pelajaran yang berharga. 

2. Memoti vasi dan membangkitkan semangat untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. 

3. Membuka cara berpikir para mahasiswa sehingga diharapkan dapat mengambil pelajaran positif tentang bagaimana cara membentuk sikap dan tingkah laku di dunia kerja dengan melihat secara langsung aktifitas di dunia industri dan perguruan tinggi. 

Pada kunjungan tersebut rombongan dikenalkan sekilas tentang sejarah ITB dan FMIPA. Kepada rombongan tamu diperkenalkan khususnya program sarjana di FMIPA ITB, mulai saat mahasiswa baru diterima di ITB, kuliah tahun pertama, penjurusan, dan kurikulum yang ditempuh serta pengenalan bidang-bidang penelitian di Prodi Kimia. Dikenalkan juga dengan beberapa program utama antara lain program Fast Track, Program Double Degree dan Honors Program.

Setelah sesi interaktif, acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari masing-masing perwakilan kedua belah pihak, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium di Prodi Kimia didampingi mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Kimia (AMISCA) ITB. (bagyo)

Last Updated on Tuesday, 01 March 2011 10:12
 
Kunjungan Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 17 February 2011 03:38
There are no translations available.

Bandung, 9 Februari 2011. Program Studi Kimia FMIPA ITB menerima kunjungan Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Rombongan terdiri dari 34 mahasiswa dan dosen 2 orang pembimbing.

Kunjungan tersebut diterima Ketua Program Studi Kimia FMIPA ITB Dr. Dessy Natalia didampingi oleh Rusnadi S.Si, M.Si, Staf Dosen Program Studi Kimia dari Kelompok Keahlian Kimia Analitik, yang juga anggota Tim Humas FMIPA ITB.

Pada kunjungan tersebut siswa diperkenalkan profil FMIPA ITB dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang program pendidikan dan penelitian yang diselenggarakan oleh Program Studi Kimia. Dilanjutkan dengan pengenalan program unggulan yang dilaksanakan di Prodi Kimia seperti Program Honor, Program Fast Track, dan Program Doktor Unggulan.

Setelah diskusi, pertemuan ditutup dengan penyerahan cindera mata dari kedua belah pihak. (bagyo)
Last Updated on Thursday, 17 February 2011 03:45
 
Hanhan Dianhar, Juarai OSN-Pertamina Bidang Kimia Se Jawa Barat PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 17 October 2011 09:17
There are no translations available.

Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-Pertamina), pada tahun 2011 ini telah digelar untuk kali keempat. Tahun tahun sebelumnya, kompetisi ini bernama OSN-PTI. Tiap tahun, lomba ini mengalami perubahan format kompetisi menuju yang lebih baik lagi. Secara Umum, kompetisi ini terdiri dari tiga tahap. Pertama, seleksi tulis pilihan ganda di masing-masing provinsi mahasiswa kuliah. Seminggu kemudian, diumumkan sembilan besar yang masuk final untuk seleksi kedua. Ketiga, final nasional yang diambil dari juara pertama masing-masing provinsi.
Di ITB sendiri cukup banyak peserta yang mengikuti seleksi, dan masuk menjadi sembilan besar peserta final provinsi. Mahasiswa Kimia ITB sendiri, menempatkan dua orang di final provinsi ini yaitu Rizky A. Ritonga (2009) dan Hanhan Dianhar (2008).
Final provinsi telah dilaksanakan Jumat 7 Oktober 2011 di Campus Center Barat. Terlihat, mahasiswa dari kampus lain yaitu Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia juga masuk di final provinsi ini. Pada saringan ini, finalis diuji dengan soal essay selama tiga jam yang meliputi Organik, Biokimia, Analitik, Fisik dan Anorganik.
Siang harinya, diumumkan tiga terbaik yang masuk ke tahap presentasi. Kali ini Hanhan lolos sebagai finalis tiga besar provinsi Jawa Barat. Hanhan, yang juga menjabat sebagai MPA AMISCA ini presentasi tentang senyawa vanadium dioksida (VO2)  yang juga langsung diuji oleh dewan juri.
Vanadium dioksida (VO2) merupakan material potensial untuk pembuatan “kaca pintar”  karena senyawa ini dapat berubah dari semikonduktif transparan pada suhu rendah dengan bantuan radiasi infra merah menjadi logam tak tembus cahaya pada temperatur tinggi dengan bantuan sinar tampak. “Kaca pintar” ini diperkirakan hanya menggunakan 30-40% dari energi primer yang mengenainya untuk menghangatkan, mendinginkan, dan pencahayaan. Kontrol pergantian energi dari dalam ke luar ruangan secara efektif dilakukan pada “windowpanes” untuk mengontrol energi yang tersimpan. Para peneliti juga telah mengembangkan penelitian yang mengkombinasikan fungsi dari emisi rendah dan pelapisan termokromik. Selain itu, peneliti juga tengah mengembangkan suatu sistem untuk mengoptimasi “kaca pintar” tersebut. Sebagai aplikasi teknologi, peneliti juga tengah mengembangkan untuk mensintesis VO2 dalam suhu ruangan dan produksi masal.
Acara diakhiri dengan pengumuman juara OSN-PTI oleh panitia. Hanhan pun ditetapkan sebagai Juara I OSN-Pertamina Bidang Kimia Se Jawa Barat dan menjadi wakil Jawa Barat untuk OSN-Pertamina tingkat nasional yang akan diselenggarakan di kampus Universitas Indonesia awal November ini. Semoga, di tingkat nasional Hanhan Dianhar mampu menorehkan prestasi terbaiknya, Amin.
Last Updated on Monday, 17 October 2011 09:39
 
Himpunan Mahasiswa AMISCA Gelar Seleksi Lomba Cerdas Tangkas Kimia di Lima Kota Besar PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 30 September 2011 06:12
There are no translations available.

Rangkaian Chemistry for Nation (CfN) telah dimulai September ini. Lomba Cerdas Tangkas Kimia, sebagai salah satu rangkaian acara kegiatan telah memulai seleksinya pada Minggu 25 September 2011. Pada LCTK kali ini, jangkauan meliputi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Secara jumlah, tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan, tahun lalu sekitar 30-an tim. Tahun ini, pendaftar mencapai sebanyak 87 tim, yang dibagi menjadi lima rayon, yaitu :
• Rayon Priangan Timur di SMA Al Muttaqin Tasikmalaya
• Rayon Jawa Barat Utara, di SMA Negeri 2 Cirebon
• Rayon Banten, dipusatkan di MAN Insan Cendekia Serpong
• Rayon Jakarta-Bekasi dan sekitarnya, di SMA Negeri 2 Bekasi
• Rayon Bandung Raya di Prodi Kimia ITB sendiri.
Soal seleksi dibuat pilihan berganda dan juga soal essay. Seleksi ini sendiri akan diambil 16 tim terbaik, dan juga mempertimbangkan jumlah tim per rayonnya. Hasil seleksi, akan diumumkan dua minggu setelah seleksi di web resmi kegiatan www.amisca-itb.com/cfn.
Selain LCTK untuk SMA, diselenggarakan pula kompetisi ide dan inovasi mahasiswa, seminar mengenai Green Material, Green Process, dan Green Energy, serta Pameran bertemakan Green Chemistry.

 

Last Updated on Friday, 30 September 2011 06:31
 
« StartPrev111213141516NextEnd »

Page 12 of 16
Indonesian (Indonesia)English (United Kingdom)

Berita ITB


Berita Kimia ITB 

December 2014
M T W T F S S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

Related