Posted January 17, 2012 by organic in Berita

Enam Program Kreativitas Mahasiswa Kimia ITB Lolos Pendanaan Dikti

Written by Administrator
There are no translations available.

zi

Melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti nomor 0071/E5.3/PKM/2012 sebanyak enam Tim Program Kreativitas Mahasiswa yang diketuai mahasiswa Kimia ITB berhasil untuk mendapatkan pendanaan proposal PKM-nya. Ada tiga bidang PKM yang berhasil ditembusi mahasiswa kimia ini. Ketiganya yaitu PKM Kewirausahaan (PKM-K), Pengambdian Masyarakat (PKM-M), dan Penelitian (PKM-P). Sedangkan dibidang Karsa Cipta dan Teknologi, masih belum diberi kesempatan pada tahun ini.
Bidang PKM-K, meloloskan dua proposal. Bagas Anindito lolos dengan judul proposal “FLOVISH, Solusi Sehat untuk Anak Berkebutuhan Khusus”. Juga Fajriah dengan judul “Rendang Labah Kuliner Tradisional Instan dengan Rasa Seeksotis Lebah”.
Bidang PKM-M, meloloskan satu proposal atas nama Bonita Ayu Andhira, dengan judul “Egg Shell omunity Development, Pemberdayaan Alat Penjernih untuk Air Minum di irengot Kecamatan Cinambo Kota Bandung”.
Bidang PKM-P, berhasil didanai tiga proposal, yaitu Surya dengan judul “Pembuatan Tipus (Tinta Printer yang Dapat Dihapus), Berbahan Dasar Indikator Asam Basa Fenolftalein”. Iqbal Fauzi dengan judul “Solid Polymer Electrolyte Untuk Aplikasi Baterai Litium Berbahan Dasar Kulit Udang Terfosfatasi”. Dan Muhammad Zulqarnaen dengan proposal “Sintesis Turunan Kumarin dan penggunaannya Sebagai Material Organic Light Emitting Diode (OLED)”.
Keenam proposal ini hanyalah yang diketuai mahasiswa kimia ITB saja. Sedangkan mahasiswa kimia yang ikut dengan kelompok lain yang diketuai oleh mahasiswa jurusan lain juga banyak yang lolos. Tahun 2012 ini pula, akan dibuka juga PKM bidang Karya Tulis, yaitu Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan gagasan tertulis (PKM-GT). Semoga mahasiswa kimia dapat menambah karyanya dalam kedua bidang ini. Pelaksanaan PIMNAS XXV tahun ini sendiri akan diselenggarakan di PTN Pulau Jawa yaitu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
ITB tahun ini secara total meloloskan 113 proposal yang berhasil didanai, 35 PKM-K, 17 PKM-KC, 10 PKM-M, 50 PKM-P dan 1 PKM-T. Jumlah ini merupakan rekor terbesar yang pernah ITB ikuti. Tentu keberhasilan ini tidak diperoleh secara instan, tetapi dengan usaha dan sinergi antara himpunan Amisca dan KM ITB yang mendampingi peserta dari mulai sosialisasi, sharing dan konsultasi proposal. Semoga dengan rekor ini pula, menjadi awal ITB untuk dapat meraih juara umum di Pimnas Yogyakarta, amin. -ibr-