Posted November 18, 2015 by Admin Web Kimia in Berita

Kunjungan SMAN 6 Tasikmalaya ke Program Studi Kimia ITB

 

Pada tanggal 13 Oktober 2015, Program Studi Sarjana Kimia ITB bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ ITB mendapat kunjungan dari SMAN 6 Tasikmalaya. Peserta berjumlah sekitar 240 orang siswa kelas XII IPA yang didampingi oleh wakil kepala sekolah dan beberapa guru. Tujuan dari acara ini adalah untuk memberi gambaran mengenai bagaimana lingkungan dan suasana perkuliahan ITB, terutama di FMIPA ITB. Namun, tujuan utama dari acara ini adalah untuk memotivasi siswa SMAN 6 Tasikmalaya agar dapat melanjutkan studinya ke ITB setelah lulus nanti. Sudah sejak 4 tahun lalu SMAN 6 Tasikmalaya selalu berhasil mengirimkan 2 siswanya tiap tahun untuk melanjutkan studi di ITB melalui jalur undangan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini jumlah siswa SMAN 6 Tasikmalaya yang melanjutkan studi di ITB bisa terus bertambah tiap tahunnya.

IMG_20151013_133406

Acara dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi perkenalan dan kunjungan ke laboratorium. Sesi perkenalan dilakukan di gedung Basic Science-A (BSC-A) oleh Dr. Mia Ledyastuti yang merupakan dosen dari kelompok keilmuan Kimia Fisik dan Anorganik, sekaligus Tim Humas FMIPA ITB. Di sesi ini, para siswa diberi gambaran umum dari Program Studi Kimia ITB, misal jumlah kelompok keahlian dan dosen pengajar yang ada di Program Studi Kimia ITB. Selain itu, siswa juga diajak untuk bermain games interaktif sebagai seorang ‘detektif kimia’ yang dilakukan secara berkelompok. Kemudian pada sesi selanjutnya, siswa diajak untuk berkunjung ke laboratorium yang ada di Program Studi Kimia ITB.

IMG_20151013_142837

Pada sesi kunjungan laboratorium ini, peserta diajak untuk berkeliling melihat bagaimana suasana di laboratorium-laboratorium penelitian yang ada di Program Studi Kimia ITB dengan didampingi oleh perwakilan dari HMK ‘AMISCA’ ITB. Laboratorium yang dikunjungi adalah Lab. Bio-Organik, Lab. Kimia Fisik dan Material, serta Lab. Biokimia. Di tiap-tiap laboratorium peserta diajak untuk langsung berinteraksi dengan mahasiswa yang sedang melakukan Tugas Akhir di tiap-tiap laboratorium. Peserta terlihat antusias dalam sesi ini, terlihat dari keingintahuan mereka tentang tiap-tiap laboratorium yang disampaikan melalui beberapa pertanyaan yang diajukan.

“Kegiatan seperti ini sudah pernah diadakan sejak tahun-tahun sebelumnya. Universitas yang dikunjungi selalu berganti tiap tahunnya, dan untuk tahun ini yang dikunjungi adalah Institut Teknologi Bandung, terutama adalah FMIPA ITB. Diharapkan dari kegiatan ini, jumlah siswa SMAN 6 Tasikmalaya yang melanjutkan studi ke ITB semakin bertambah tiap tahunnya,” tutur Bapak Yayat selaku salah satu guru pendamping dalam acara ini. (FA)